Pj Sekda Muba Lantik Ketua dan Pengurus Pusdiklatcab Mantri Melayu



Musi Banyuasin, Merdekasumsel.com - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) H Musni Wijaya SSos MSi sekaligus sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muba melantik Ketua dan Pengurus Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) “Mantri Melayu” Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muba Masa Bakti 2022 – 2027, bertempat di Kantor Kwartir Cabang Pramuka Muba, Jumat (30/9/2022).


Dukatakan Pj Sekda Muba, Pusdiklatcab pusat Mantri Melayu merupakan bagian intergral dari kwartir cabang gerakan pramuka Muba, berfungsi sebagai wadah,  pelaksana pendidikan dan pelatihan kepramukaan guna meningkatkan kualitas atau mutu pelatih pembina pramuka dan pembina pramuka di lingkungan kwartir cabang gerakan pramuka Pusdiklatcab.


"Pusdiklatcab juga memberikan pendidikan dan pelayanan kepramukaan bagi gugus depan, para pelatih, dan pengelolah kwartir. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut Pusdiklatcab Mantri Melayu, berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka nomor 07/munas/2018, dan petunjuk penyelenggaraan organisasi dan tata kerja pusat pendidikan dan pelatihan gerakan pramuka tingkat cabang, bertanggungjawab kepada ketua kwartir cabang gerakan pramuka Muba," bebernya.


"Setelah habis masa kepengurusan periode masa bakti 2017-2022 yang lalu dan kini berganti dengan kepengurusan baru periode  masa bakti 2022-2027, merupakan salah suatu tanda satuan pendidikan kwartir cabang gerakan pramuka Muba berjalan dengan baik.  Semua ini tentu tidaklah mudah, dengan predikat Pusdiklatcab Muba tergiat III kita berharap dapat mempertahankan  dan berinovasi untuk menjadi lebih baik lagi," pungkas Musni.


Musni juga menyebutkan, dengan dilantiknya pengurus yang baru ini, diharapkan mampu menjalankan program - program Pusdiklatcab Mantri Melayu dengan penuh profesionalisme dan dedikasi tinggi dalam rangka memajukan organisasi gerakan pramuka. 


"Kepada kakak - kakak pengurus Pusdiklatcab Muba yang telah selesai masa bhaktinya, saya ucapkan terima kasih atas segala usaha dan kegigihannya menjalankan roda pendidikan dan pelatihan gerakan pramuka kwartir cabang Muba, walaupun masa bakti kakak-kakak telah usai namun tugas dan tanggungjawab kakak sebagai anggota gerakan pramuka tidak akan ada habis-habisnya," ucap Musni.


Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muba ini juga mengajak seluruh kakak-kakak pramuka untuk berkontribusi bersama dengan semangat dan kerjasama yang tinggi untuk mencapai kesuksesan gerakan pramuka, sebagaimana tema peringatan hari pramuka ke 61 yang lalu yaitu “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan bangsa”.


"Kepada kakak-kakak yang baru saja dilantik  saya ucapkan selamat, semoga dengan tenaga-tenaga baru dapat menjalankan program-program yang telah diputuskan dalam musyawarah cabang tahun 2022 yang lalu," ujar Musni.


Ketua Pusdiklatcab Mantri Melayu Zulganda Atmaja SPd MPd menyampaikan terima kasih atas segala kepercayaan yang telah diberikan selaku Ketua Pusdiklatcab Mantri Melayu Kwartir cabang gerakan pramuka Muba terpilih untuk masa bakti 2022-2027 mendatang. 


"Saya tahu tugas ini tidaklah mudah, namun saya tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan, dan akan berusaha sebaik mungkin menjalankan amanah yang saya emban," ucapnya.


Zulganda menjelaskan, Pusdiklatcab Mantri Melayu gerakan pramuka Muba merupakan satuan pelaksana pendidikan dan pelatihan kepramukaan, guna mengambangkan sumber daya manusia gerakan pramuka di kwartir cabang gerakan pramuka Muba.


Fungsinya untuk dapat meningkatkan kualitas dan kompentensi pembina pramuka, dan menyelenggrakan program pendidikan dan pelatihan kepramukaan guna mewujudkan pramuka Muba bisa menjadi pelopor pengembangan karakter kaum muda, untuk selalu bersinergi dan mendukung Muba terus berkarya. 


"Kita perlu mengedepankan kualitas seiring kuantitas, sedapat mungkin kita ciptakan pramuka-pramuka yang terampil, selalu berkarya, dan berjiwa patriot, dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Atas nama ketua terpilih dan atas nama kepengurusan yang telah terbentuk, mohon dukungan dan motivasi dari kakak Ketua kwarcab dan kakak lainnya untuk kami dapat menjalankan amanat ini dengan baik, demi mencapai tujuan bersama, khususnya tujuan gerakan pramuka," harapnya.(Sri)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar