Ditanam Diantara Batang Kopi dan Semak, Setengah Hektare Ladang Ganja di Lahat Diamankan Polisi



LAHAT, MERDEKASUMSEL.COM – Jajaran Polres Lahat bekerjasama dengan jajaran TNI dan para Kapolsek, berhasil mengamankan 390 batang ganja siap panen yang ditanam di sekitar setengah hektare kebun kopi milik warga, pada Jumat (8/2/2019).

Ganja siap panen di tengah perkebunan kopi milik warga itu ditemukan di Desa Gelung Sakti Kecamatan Fajar Bulan Kabupaten Lahat.Polisi sempat kesulitan membongkar lahan ganja tersebut lantaran terletak di wilayah perbukitan yang cukup jauh dan dipenuhi semak belukar.

Tidak hanya membongkar ladang ganja, tim yang dipimpin langsung Wakapolres Lahat, Kompol Budi Santoso SSos dan Kasat Narkoba, AKP Desli Darsyah SSos MSi serta TNI dan jajaran lainnya itu juga berhasil meringkus tiga pelaku diduga pemilik ganja.

Tiga pelaku antara lain Dodi Irawan (32), Anca Harliansya (36) dan Yayan Ibnu Saleh (38), ketiga warga Gelung Sakti Kecamatan Fajar Bulan Kabupaten Lahat. Sebanyak 390 batang ganja yang diamankan itu diperkirakan sudah berusia 10 bulan dengan ketinggian batang sekitar 2 meter lebih.


 Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIk melalui Wakapolres, Kompol Budi Santoso didampingi Kasatres Narkoba, AKP Desli Darsyah SSos MSi dan Kapolsek Fajar Bulan, AKP Khaifani mengatakan, pembongkaran ratusan tanaman ganja siap panen dikebun warga itu bermula dari penyelidikan timnya yang mengetahui makin maraknya peredaran ganja diwilayah hukumnya.

"Pengungkapan ratusan tanaman pohon ganja ini, selain kerjakeras tim kami melakukan penyelidikan juga tidak terlepas dari informasi masyarakat. Ada 390 batang ganja kami amankan dan tiga pria diduga pemilik yakni inisial DI, AH, dan YIS, ketiganya warga Gelung Sakti Kecamatan Fajar Bulan Kabupaten Lahat," ungkap Wakapolres.

Baca Juga :

Wakapolres mengatakan, meski terletak tak jauh dari perkampungan warga namun lahan ganja cukup susah ditemukan lantaran berada di wilayah perbukitan dengan kondisi dikelilingi semak belukar. "Jadi kalau dilihat sekali lintas seperti semak belukar karena banyak rumput lain dan berada diantara pohon kopi, total kami amankan sebanyak 390 batang," katanya.


Kasat Narkoba menambahkan, saat ini ratusan batang ganja dan tiga pelaku telah diamankan pihaknya ke sel tahanan Mapolres Lahat. "Kami masih melakukan penyelidikan dan pengembangan terhadap kasus ini," tegasnya.(05)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar