Jalan Pagaralam-Lahat Amblas Sedalam 20 Meter, Ini Jalur Alternatifnya


LAHAT, MERDEKASUMSEL.COM - Arus lalu lintas Kota Pagaralam menuju Kabupaten Lahat, lumpuh total. Pasalnya Jalan Lintas Sumatera tepatnya di Desa Jati Kecamatan Pulau Pinang Desa Jati Kabupaten Lahat atau sekira 200 meter dari Mapolsek Pulau Pinang, amblas atau longsor hingga kedalaman sekitar 20 meter dan panjang sekitar 25 meter.

Longsornya jalan nasional tersebut diperkirakan terjadi pada Sabtu (2/2/2019) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

Peristiwa jalan amblas itu terjadi pasca hujan lebat selama dua jam mengguyur wilayah tersebut. Diduga arus air hujan dibawah permukaan aspal dengan intensitas tinggi menggerus dan membawa hanyut tanah bawah jalan yang labil hingga terjadinya amblas alias longsor.

Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa itu, namun akibat amblasnya jalan membuat arus putus total.

Namun untuk warga atau pengendara yang akan ke kota Pagaralam maupun ke Lahat, tidak perlu khawatir karena ada jalur alternatif yang bisa dilewati yakni jalan Gumai Ulu.

Nuar, satu diantara warga Desa Jati kepada wartawan mengaku baru mengetahui amblasnya jalan ketika banyak mobil putar arah dan parkir.
"Kami tau sudah rame mobil putar arah dan warga berduyun-duyun mau melihat, memang semalam hujan deras cukup lama. Mungkin karena hujan deras itu jadi longsor terkikis air," ungkapnya.

Baca Juga :

Hal yang sama disampaikan Medi, sopir angkutan tujuan Kota Pagaralam. Menurut Medi, dirinya terpaksa harus memutar arah akibat amblasnya jalan tersebut. "Putar arah, jalan putus panjang putusnya, ini mau putar mau lewat jalan alternatif Gumai Ulu," katanya.

Amblasnya jalan menjadi tontonan banyak warga yang datang beramai-ramai mengambil gambar maupun merekam perisitiwa itu.

"Datang jingok kesini karena penasaran, ruponyo panjang nian jalan yang amblasnyo. Dak biso lewat lagi, terpaksa harus jauh memutar kalau mau ke Pagaralam atau sebaliknya dari Pagaralam ke Lahat," tutur Ani warga ketika dibincangi.

Mengetahui perisitiwa itu, Bupati Lahat, Cik Ujang SH langsung meninjau jalan amblas bersama Kapolres Lahat dan Dandim 0405 Lahat.

"Kita tahu kejadian ini langsung meninjau, kami sudah berkoordinasi dengan pihak balai besar Provinsi untuk meminta segera dilakukan perbaikan karena ini merupakan jalan nasional," ungkap Bupati kepada awak media. (LSI)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar