Beredar Nama 25 Caleg Pemenang Pemilu, Ini Penegasan KPU Prabumulih


PRABUMULIH, MERDEKASUMSEL.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Prabumulih, merespon cepat terkait beredarnya foto berisi nama-nama 25 calon anggota legislatif di media sosial yang diduga sebagai pemenang pemilu legislatif kota Prabumulih.

Komisioner KPU kota Prabumulih, Titi Marlinda SE menegaskan, foto nama-nama caleg beredar di media sosial bukan dari KPU Prabumulih dan pihaknya belum mengeluarkan nama-nama caleg pemenang pemilu legislatif untuk kota Prabumulih.

KPU Prabumulih saat ini masih proses perhitungan di tingkat kecamatan (PPK) dan juga masih tahap proses input data hasil pemilu ke Sistem Informasi Perhitungan (Situng).

"KPU Prabumulih saat ini sedang on proses data dari C1 TPS itu lagi di scan di Situng dan masih tahap rekapitulasi tingkat PPK, jadi untuk foto nama-nama yang beredar bukan dari KPU Prabumulih," tegas Titi kepada wartawan, Sabtu (20/4/2019).

Komisioner Devisi Teknis ini bahkan mengatakan jika pihaknya juga belum mengeluarkan atau menentukan partai mana saja yang mendapatkan kursi DPRD Prabumulih serta sebagai pemenang pemilu legislatif.

"Jangankan nama dan partai pemenang, kami masih tahap perhitungan jadi belum tahu sama sekali," bebernya seraya mengatakan telah melihat dan mendapat kiriman foto nama-nama 25 caleg beredar di masyarakat.

Titi mejelaskan, KPU Prabumulih perlu mengklarifikasi hal itu, agar tidak berkembang di masyarakat jika foto berisi nama-nama caleg diduga pemenang dikeluarkan oleh pihaknya sebagai penyelenggara pemilu.

Baca Juga :

"Kami khawatir nanti nama sudah banyak beredar di masyarakat, tetapi setelah perhitungan selesai kami lakukan dan dengan hitungan sistem baru justru hasil kamu berbeda dengan yang tersebar di masyarakat dan malah menimbulkan permasalahan. Kami khawatir berkembang di masyarakat nama beredar itu dikeluarkan KPU dan dirilis KPU padahal tidak," bebernya.

"Situng KPU itu seperti real count namun yang sah adalah hitung manual yang kami lakukan mulai dari TPS, PPK hingga tingkat kota," lanjutnya.

Diberitakan Merdekasumsel.com sebelumnya, usai perhitungan desk pemerintah dan perhitungan di partai-partai beberapa waktu lalu, sejak Jumat (19/4/2019) siang mulai beredar foto berisi 25 nama caleg yang diklaime dan diduga sebagai pemenang pemilu.

Foto nama-nama itu sendiri dengan cepat beredar di media sosial mulai dari facebook, instagram dan Whatsapp.(FAP)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar