Melalui Pagelaran, Bupati Kabupaten PALI Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Lokal


PALI, Merdekasumsel.com - Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM mengajak masyarakat kabupaten PALI untuk melestarikan budaya khas kesenian daerah khususnya ber – Senjang yang merupakan Seni budaya kesenian khas Daerah dengan bertutur disertai irama, yang akhir-akhir ini sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat husus nya masyarakat PALI.

Seperti dikatakan, Bupati Kabupaten PALI Ir H Heri Amalindo, MM mengadakan lomba Kesenian Senjang dalam rangka memperebutkan Piala Bupati 2020, acara yang berlangsung di Talang Ojan Kelurahan Talang Ubi Utara Kecamatan Talang Ubi, Kamis Malam (6/2/2020).


Dalam sambutannya Bupati Kabuapten PALI H Heri Amalindo MM menyampaikan bahwa kesenian senjang sudah mulai terkikis seiring kemajuan arus globalisasi, melalui perlombaan ini diharapkan masyarakat kita dapat melestarikan warisan budaya yang ada di Kabuapten PALI.

"Kita melihat budaya senjang sudah mulai dilupakan. Senjang adalah seni bertutur masyarakat, dalam menyampaikan hal-hal tertentu dengan sikap yang santun, Kata-kata yang di rangkai sedemikian rupa menggunakan bahasa asli Daerah , dengan gaya bertutur yang indah dan sopan, sehingga enak didengar, Memang bersenjang tidaklah muda, namun hal ini mengandung nilai-nilai positif dan tentu, patut kita lestarikan dan mengenalkan warisan budaya Kabupaten PALI ke daerah luar," kata Bupati Kabuapten PALI H Heri Amalindo.


Lanjut Heri Amalindo juga mengajak masyarakat Kabupaten PALI, untuk membangkitkan kembali budaya senjang, karena kesenian senjang salah satu seni yang cepat mengenalkan Kabuapten PALI ke daerah luar.

“Untuk membangkitkan kembali budaya senjang, insaya allah pada bulan April nanti, juga bertepatan di hari jadi Kabupaten PALI kesenian senjang kita adakan lagi, karena selain di bidang pendidikan, olahraga. Kesenian inilah yang dapat dengan cepat mengenalkan daerah kita, apalagi Kabupaten PALI tergolong masih muda,” ajaknya.


Sementara itu, Fauzi Ahmad selaku ketua panitia pelaksana mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah kabupaten Pali khususnya Bupati PALI, dimana telah mensuport kegiatan ini dan bersama-sama melestarikan kesenian daerah.

“Terimakasih pak Bupati yang telah mensuport kegiatan yang baik ini hingga dapat terlaksana, mengingat kesenian senjang telah lama pudar di Kabupaten PALI. Adapun peserta terdiri dari Lima Kecamatan, dimana diikuti sebanyak 71 orang peserta per – orangan dan 10 orang peserta berpasangan,” terangnya. (ADV/DEP)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar