Mengenal Sosok Rishi Suparianto, Tingkatkan Ilmu Mahasiswa Dengan Meluncurkan Buku Tentang ISBD


Prabumulih, Merdekasumsel.com - Murah senyum dan mudah akrab itulah kesan pertama ketika bertemu DR.c.Rishi Suparianto. SH.MH.CLA.CTA yang merupakan salah satu Dosen di Yayasan Pendidikan Prabumulih yang juga sebagai Sekertaris Humas Yayasan Pendidikan Prabumulih.

Pria asal Prabumulih Sumatera Selatan saat ini juga menjadi Dosen Pengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Serasan di Muara Enim, mengajar pada Yayasan Pendidikan Prabumulih (YPP) yang juga sebagai sekertaris humas di YPP, Akademi Kebidanan Rangga Husada Prabumulih, Dute Prima Prabumulih. selaku Ligal Auditor bersertifikat pada Bank Negeri dan Bank Swasta di Prabumulih.

Diketahui, Pria kelahiran 11 July 1978 saat ini sedang menempuh pendidikan program Doktoral llmu Hukum di Universitas Borobudur Jakarta.

Istri dari Rishi yakni bernama Evi Kusmarita Skom MSi yang bekerja di Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata memiliki dua orang anak perempuan yang pertama Rishvi Putri Russaliha (12) kelas 6 di Sekolah Dasar Negeri 1 Prabumulih dan yang anak yang kedua bernama Revina Latifah Ramadhani Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri 1 Prabumulih

Rishi sendiri selaku wakil pengadilan tinggi sumsel sebagai peserta tes Calon Hakim Adhoc Tipikor Mahkamah Agung Jakarta pada tahun 2018-2019.

Dalam waktu dekat ini akan melakukan seminar Jurnal Internasional Terindex Fokus di Hankuk Univercity Korea Selatan pada bulan Maret tanggal 16 mendatang.

"Selama mengajar sebagai dosen ini banyak suka dukanya, namun lebih banyak senangnya karena bisa menghantarkan mahasiswa menjadi sarjana yang berguna untuk bangsa," katanya ketika dibincangi diruang kerjanya, senin (24/02/2020).


Lebih lanjut, Rishi mengatakan akan meluncurkan buku pelajaran berjudul 'Ilmu Sosial Budaya Dasar' yang diketahui akan digunakan oleh seluruh akademi dan Universitas di Sumsel hingga Indonesia.

"Alhamdulillah di tahun ini akan launching buku baru yang berjudul ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar) dan tinggal menunggu MoU dengan Gramedia serta Perusahaan buku lainnya yang ada di Indonesia," jelasnya.

Rishi menerangkan secara singkat terkait buku yang akan di launching, bahwa buku ini memberikan kompetensi dan kemampuan kepada mahasiswa untuk mampu memahami tentang konsep ilmu Sosial dan Budaya Dasar, mengidentifikasi perkembangan nilai-nilai budaya terhadap keluarga dan masyarakat diantaranya tentang pengertian dan tujuan sosial dan budaya dasar, perbedaan ilmu sosial dan budaya dasar. Ilmu sosial dan budaya dasar sebagai mata kuliah kehidupan bermasyarakat, hakikat dan ruang lingkup ilmu sosial dan budaya dasar serta ilmu sosial dan budaya dasar sebagai alternatif pemecahan masalah sosial dan budaya.

"Buku ini mendeskripsikan manusia sebagai makhluk budaya, diantaranya tentang pengertian perwujudan nilai budaya dan substansi utama budaya, sifat dan sistem budaya, manusia sebagai pencipta dan pengguna kebudayaan, pengaruh budaya terhadap lingkungan, proses dan problematika perkembangan kebudayaan serta perubahan kebudayaannya, mampu memberikan penjelasan dan mampu tentang manusia, nilai, norma, dan hukum dan lain sebagainya," jelasnya. (FAP)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar