Ketua TP PKK Pali Ajak Anak Usia Dini dan Ajak Orang Tua GEMARIKAN



PALI, Merdekasumsel.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Hj Sri Kustina Heri Amalindo mengajak ribuan anak usia dini dan orang tua untuk mengedukasi buah hatinya lebih membiasakan untuk selalu mengonsumsi ikan.

Melalui Dinas Perikanan bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten PALI yang digelar di Gelora Komperta, Pendopo, Selasa (25/02/20).

“Sebagai Ketua TP PKK PALI, kami menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami berharap kegiatan seperti ini (GEMARIKAN) dapat mengedukasi anak-anak usia dini, menjadikan tumbuhnya minat gemar makan ikan yang sehat dan bergizi,” kata Sri Kustina.


Ia menjelaskan, ikan mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh manus├Ča, daging ikan mengandung protein, mineral, asam amino dan terutama omega 3 yang tinggi.

“Makan ikan sangat baik untuk pencegahan stunting dan kesehatan, ikan sangat baik untuk kecerdasan otak, pertumbuhan dan perkembangan anak. GEMARIKAN ini diharapkan dapat lebih meningkatkan status gizi masyarakat, terutama untuk anak usia dini dalam rangka pencegahan stunting,” tutur Sri Kustina.

Dalam kegiatan tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya pihak penyelenggara menggelar lomba masak menu berbahan ikan yang sehat dan bergizi, dengan mendatangkan juri yang berkompeten dari Palembang. Dan lomba tersebut keluar sebagai pemenang TP PKK Desa Sukaraja.

Ketua TP-PKK Desa Sukaraja, Dewi Yulita mengatakan dirinya bersama TP-PKK Desa Sukaraja tidak menyangka dapat memenangkan lomba GEMARIKAN ini, dimana terdapat sepuluh peserta TP-PKK yang ada di Kabupaten PALI.

“Alhamdulilah, TP-PKK Desa Sukaraja dapat meraih juara pertama di lomba GEMARIKAN ini, dimana dapat menyingkirkan peserta lain,” ujarnya.

Dewi juga menambahkan makanan khas yang disuguhkan oleh TP-PKK Desa Sukaraja yaitu Ubi Ganyong, Cincang Jantung Daun Ubi Ikan Gabus, dan Bakso Dadu Ikan Gabus, Karena bahan yang didapat juga melimpah terdapat di Desa Sukaraja.

“Dalam lomba GEMARIKAN ini kita suguhkan makanan seperti Puding Ubi Ganyong, Cincang Jantung Daun Ubi Ikan Gabus dan ini dapat menjadi daya tarik para juri,” ucapnya. (Adv/Dep)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar