Olahraga Sekaligus Bersihkan Lingkungan, Karang Taruna Kelurahan GIB Gelar Aksi Pungut Sampah


PRABUMULIH, MERDEKASUMSEL.COM -- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Prabumulih ke 19 dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun 2020, Karang Taruna Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) Kecamatan Prabumulih Timur menggelar jalan santai sekaligus melakukan gerakan aksi pungut sampah di wilayah kelurahan GIB. 

Kegiatan yang di awali jalan santai sembari memungut sampah dibagi menjadi Tiga titik yakni dititik pertama mulai dari Tugu Air Mancur hingga Pendopoan Rumdin Walikota Prabumulih, tim kedua dari Jalan Lekipali hingga Pendopoan Rumdin Walikota, dan yang ketiga mulai dari Jalan Angkatan 45 (RS Ar Bunda), Jalan Taman Murni hingga berakhir di Pendopoan Rumdin Walikota Prabumulih. 

Kegiatan pungut sampah tersebut dalam rangka memperingati HUT Kota Prabumulih ke 19 dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Salah seorang Tokoh Pemuda Inspiratif Kota Prabumulih, dr Murwani Emasrissa mengatakan kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya tanggung jawab Pemerintah baik Pusat maupun Daerah saja, Masyarakat pun harus mengambil peran secara langsung untuk sama-sama dalam menjaga lingkungan.

"Kegiatan ini cukup positif dan saya rasa ini kegiatan pertama kali setelah pandemi Covid 19 yang dilakukan oleh karang taruna kelurahan GIB mungkin sudah lama tidak berkegiatan seperti ini jadi kegiatan ini cukup ramai diikuti oleh masyarakat. Di sini diikuti oleh para orang tuanya kemudian anak-anaknya juga semangat dan dari pagi juga saya ikutin jalan santai mereka sudah ramai sudah siap semua bahkan sudah bawa kantong kosong untuk di isi sampah pada saat jalan yang begitu finish nya di Pendopoan Rumdin Walikota untuk di tukarkan dengan kupon dan makanan ringan, " Kata dr Murwarni Emasrissa ketika di bincangi wartawan, sabtu (31/10/2020). 

Wanita yang kerap disapa Rissa ini mengharapkan, untuk para Pemuda-pemuda di Kota Prabumulih berperan lah sebagai pemimpin yang bisa menjadi ujung tombak dari suatu perubahan. "Pemuda karang taruna kelurahan GIB ini melakukan acara perdana mereka yang pertama ini sudah cukup keren dan baik ya, diharapkan untuk kedepan mungkin akan lebih bagus lagi lebih baik lagi dan juga bisa menjadi motivasi bagi karang taruna di kelurahan lain agar lebih aktif kembali, " harapnya. 

Ditambah, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM didampingi Wakil Walikota Prabumulih menyampaikan kepada seluruh Karang Taruna jangan hanya bisa menikmati, tapi juga harus bisa menjaga dan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian dan kualitas lingkungan.

"Kuncinya kalau kota sudah bersih masyarakat nya juga akan sehat, makanya tadi kita sosialisasi juga kepada anak-anaknya agar sebagai generasi muda harus punya inovasi punya keinginan kita berikan motivasi kepada mereka agar menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian dan kualitas lingkungan kita sendiri, " tuturnya seraya menyatakan apresiasi, dan berpesan agar kiprah dan eksistensi Karang Taruna tetap di pertahankan. 

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) Wedi Saputra mengatakan kegiatan jalan sehat ini merupakan rangakaian dari acara memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-92 dan HUT Kota Prabumulih yang ke 19. 

"Dalam momentum hari sumpah pemuda dan HUT Kota ini kami menggelar kegiatan jalan santai dan aksi pungut sampah yang alhamdulillah mendapat support dari Pak Walikota, Pak Wakil Walikota, dan dr Rissa ada dari Kecamatan, Kelurahan, Dinas Ketahanan Pangan di luar dugaan sekali ini sangat meriah, " ujarnya. 

Lanjut Wedi menuturkan jika Karang Taruna Kelurahan GIB baru saja terbentuk Satu minggu yang lalu. Namun, hal tersebut tak menjadi alasan bagi para pengurus dan anggota Karang taruna Kelurahan GIB untuk mengedukasi dan memajukan Wilayah Kelurahan GIB menjadi lebih baik dan mewujudkan masyarakat yang sehat. 

"Untuk jumlah anggota Karang Taruna Kelurahan GIB ini ada sebanyak 100 orang yang baru seminggu lalu terbentuk oleh Pak Lurah, tapi kita digenjot agar supaya cepat terlaksana dan Alhamdulillah dua hari yang lalu kita izin dengan Pak Walikota dengan dana yang seadanya serta bantuan dari GANN Prabumulih, Arnic Crop serta Anwar plafon Alhamdulillah kegiatan ini bisa terselenggara dengan erjalan dengan lancar hingga sukses," 

"Kegiatan tadi diawali dengan jalan santai dengan tiga titik yang berbeda dan finish nya di Pendopoan Rumdin Walikota, jadi setiap yang membawa kantong asoy (Kresek) kita tukarkan dengan kupon untuk kita undi untuk doorprize dan alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik dan tidak ada kendala, " (FAP) 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar