Program JKN, Jaminan Kesehatan Perlindungan Keluarga

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com - Menjamin kesehatan keluarga melalui perlindungan kesehatan tidak pernah luput dari pikiran Indrajaya (50) yang berdomisili di wilayah Kota Prabumulih. Pria yang akrab dipanggil Indra memahami betul memiliki jaminan kesehatan merupakan payung terbaik dalam menghadapi "hujan" nanti.


Saat ditemui tim Jamkesnews, Indra mengaku dirinya pernah memanfaatkan kartu kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk berobat. Ia mengaku sempat khawatir akan biaya yang harus dikeluarkan. Namun, pihak fasilitas Kesehatan menyampaikan bahwa tidak akan mengeluarkan biaya sepersen pun, kekhawatiran Indra mulai menghilang dan ia mulai percaya akan kehebatan dari kartu JKN yang ia miliki.


“Program JKN ini merupakan program yang sangat baik dan bagus untuk masyarakat, karena biaya kesehatan itu kan cenderung mahal dan datangnya selalu tiba-tiba. Jadi kita harus memiliki kepastian akan jaminan kesehatan utamanya untuk keluarga kita,” tutur Indra.


Indra yang saat itu juga sedang mengakses layanan Mobile Customer Service (MCS) yang sedang diadakan di Kantor Kementerian Agama Kota Prabumulih memberika apresiasinya kepada layanan jemput bola yang dihadirkan BPJS Kesehatan.


“Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat tentunya. Masyarakat sekitar Kantor Kementerian Agama Kota Prabumulih, bisa datang ke layanan MCS ini. Mungkin ada masyarakat yang tidak sempat datang ke kantor atau memang rumahnya jauh dari kantor, dengan adanya kegiatan MCS ini tentu mempermudah akses mendapatkan informasi seputar Program JKN," katanya.


Indra juga diinformasikan oleh petugas bahwa sekarang dapat mengakses layanan di fasilitas Kesehatan hanya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).


“Selain akses fasilitas Kesehatan dengan menggunakan KTP, saya diinformasikan mengenai aplikasi milenial yaitu Aplikasi Mobile JKN yang sepertinya lebih memudahkan peserta JKN dalam mengakses layanan JKN hanya dari telepon genggamnya saja,” tambah Indra.


Indra pun mengungkapkan harapannya agar pemerintah dan BPJS Kesehatan tidak jenuh untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui Program JKN dan tidak jenuh dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Dengan demikian, seluruh rakyat Indonesia akan memiliki payung perlindungan kesehatan yang menjadi kebanggaan semuanya, yaitu Program JKN. (Ril/FAP) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar