Walikota Prabumulih Bersama Kejari Prabumulih Launching Aplikasi 'SIPUNGAR'

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Prabumulih launching Aplikasi Optimalisasi Pemulihan Keuangan Negara (SIPUNGAR) dalam rangka memperingati perayaan HUT Adhyaksa Ke-63, Kamis (20/07/2023).


Digelar di halaman kantor Kejari Prabumulih, launching aplikasi SIPUNGAR perdana di Sumsel itu tampak diresmikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih, Roy Riady SH MH, bersama Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SH MH dan pimpinan unsur Forkompimda kota Prabumulih.


Kajari Prabumulih, Roy Riady mengatakan, ini inovasi baru di lingkungan Kejaksaan Negeri Prabumulih dalam hal pemulihan keuangan negara dengan cara digitalisasi. "Aplikasi ini kita harapkan dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota maupun BUMN yang ada di Prabumulih, yang tujuannya untuk memulihkan keuangan negara. Karena yang pertama inovasi ini sudah disetujui oleh Kejaksaan Agung terkait hal loginnya, "



"Yang kedua, aplikasi ini sudah mendapat SK persetujuan dari Kejati Sumsel dalam pelaksanaannya. Dengan harapan inovasi ini nantinya bisa digunakan di kejari-kejari lain yang ada di sumsel terkait pemulihan keuangan negara melalui Digitalisasi," terangnya saat itu Kamis (20/07/2023).


Lanjut Roy menuturkan, jadi penggunaan aplikasi SIPUNGAR tersebut nantinya akan lebih memudahkan pihak pemohon yang ingin melakukan pengaduan, dan pihak kejaksaan pun akan lebih mudah memproses pengaduan pemohon tersebut tanpa harus bertemu langsung dengan pemohon. 



"Jadi dengan aplikasi ini pemohon tidak perlu ketemu sana sini cukup kunjungi website ini. Dan kami ( pihak kejaksaan,red ) pun juga terminimalisir untuk ketemu langsung dengan pihak ketiga, karena bertemu langsung itu sebenarnya rentan terjadi hal yang tidak diinginkan," tuturnya. 


Sementara itu ditempat yang sama Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengaku sangat salut kepada kepala Kejaksaan Negeri Kota Prabumulih Roy Riady dalam melakukan inovasi ini untuk pemulihan keungan negara. 




"Ya kita salut juga dengan Kajari Prabumulih ini karena beliau membuat inovasi ini. Apalagi tujuannya ini untuk kemaslahatan umat agar nantinya kita tidak susah lagi dalam hal berkonsultasi hukum. Misalnya kita ada pengaduan, nah kita bisa lapor dari HP. Kita dak banyak ketemu sana sini tapi masalah kita selesai, jadi mengatasi masalah tanpa meninggalkan masalah. itu yang kita salut. Makanya kita ngomong bisa tidak aplikasi ini jangan hanya di Prabumulih saja tapi bisa diterapkan di kejari seluruh Sumsel bahkan kalau bisa di nasional seluruh indonesia," tegas Walikota Prabumulih dua periode itu.


Sebab, menurutnya, inovasi seperti itu lah yang tentunya sangat pemerintah butuhkan. "Nah ini yang kita butuhkan, dan semoga melakui aplikasi ini keinginan kita untuk mewujudkan pemerintah yang bersih itu dapat terwujud,"tukasnya seraya menyebutkan sama seperti kita juga yang berinovasi dalam hal mengentaskan rumah kumuh melalui infaq pegawai dan menekan angka pengangguran di Prabumulih dengan mengirim tenaga kerja ke luar kota Prabumulih.(FAP/ADV) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar