Pemkab OKU Selatan Kerahkan 250 Personil Atasi dan Antisipasi Bencana Alam


OKU Selatan, Merdekasumsel.com -- Sebanyak 250 personil langkap dengan peralatan akan dikerahkan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui BPBD dalam mengatasi bencana alam di Bumi Serasan Seandanan tersebut.

Hal itu diketahui setelah pemerintah menggelar apel siaga Bencana Alam di Lapangan Pemkab OKU Selatan, pada Rabu (08/01/2020) lalu.

250 personil disiapkan itu terdiri dari TNI, Polri, Tagana, BPBD, Pol PP, Dishub, Dinas Pertanian serta lainnya. Tim akan sigap mengatasi jika terjadi bencana baik berupa banjir maupun tanah longsor yang kemungkinan akan terjadi di wilayah OKU Selatan .

Ketua BPBD, Dony Agusta SKM MM mengatakan beberapa kecamatan di OKU Selatan saat ini mengalami peretakan seperti di Kecamatan Sungai Are seperti Desa Sadau Jaya dan Simpang Luas dan ada 11 kecamatan lagi yang rawan tanah longsor serta banjir.

"Untuk itu kami imbau masyarakat agar aegera melapor jika mengetahui ada bencana alam sehingga tim akan segera turun melakukan evakuasi," katanya.

Sementara, Wakil Bupati Kabupaten OKU Selatan, Sholiehin Abuasir SP MSi menghimbau semua lapisan masyarakat untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam pengendalian Bencana di Kabupaten OKU Selatan dan menyiapkan sumber daya yang ada untuk selalu siap, kompak dan kuat dalam melakukan kegiatan pengendalian bencana.

"Kami minta juga tim melakukan upaya pencegahan berupa meningkatkan kewaspadaan dan monitoring terhadap wilayah yang rawan banjir, tanah longsor dan angin puting beliung," ujarnya.

Selain itu Wabup meminta juga agar tim hendaknya mengaktifkan posko siaga darurat bencana di lokasi terdekat dengan daerah rawan bencana dilengkapi sarana dan prasarana yang cukup serta meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait serta para pihak dalam upaya pengendalian bencana di wilayah kerja masing-masing.

"Dengan kesiagaan dan tetap selalu waspada akan ancaman bencana terutama kesiagaan badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten OKU Selatan, yang handal dan terlatih tentu sekecil apapun ancaman bencana akan teratasi," lanjut Wabup.(PAN)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar