Rutan Kelas IIB Prabumulih Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Menanaman Toga Dan Kebun Sayur


Prabumulih, Merdekasumsel.com - Dalam rangka Jum'at Sehat Seluruh Pegawai Rutan Kelas IIB Prabumulih menggelar kegiatan berupa Senam sehat yang diawali dengan jalan santai lalu pungut sampah dan dilanjutkan dengan penanaman toga di lahan kosong belakang Rutan Kelas IIB Prabumulih.

Kegiatan Jum'at Sehat ini mengajak seluruh pegawai beserta keluarga agar peduli terhadap lingkungan kantor, serta beberapa warga binaan ikut serta dalam Senam sehat yang dilakukan di dalam halaman rutan kelas IIB, jum'at (28/2/2020).

Seperti diketahui, Untuk menuju zona integritas dan Wilayah Bebas Korupsi tentunya harus menuju enam sasaran maka selain memberikan pelayanan untuk para pengunjung dengan memberikan rasa nyaman, pihak Rutan Kelas IIB Prabumulih juga memenuhi kebutuhan pangan dari warga binaan.

"Ini kita sudah lakukan selama dua bulan yang dimulai dengan menanam sayur kangkung dan cabai, lalu untuk perawatan tanaman kita melibatkan warga binaan yang sudah asimilasi 2 per 3 bulan yang memang memiliki keahlian dibidang perkebunan," kata Kepala Rutan Kelas IIB Prabumulih Reza Mediansyah Purnama Amd IP SH ketika dibincangi usai penanaman, jum'at (28/20/2020).


Selain menanam sayur-sayuran dan tanaman toga, Rutan Kelas IIB Prabumulih juga memelihara hewan ternak seperti ayam, bebek dan kambing dengan lahan seluas Tiga Ribu Meter Persegi sisa dari lahan rutan yang termasuk tanah milik kita juga.

Disinggung apakah hasil dari tanaman akan dijual langsung ke pasar umum, Reza mengatakan jika untuk saat ini hasil dari penanaman akan di perjualkan namun tidak untuk pasar umum akan tetapi di perjualkan dan dibeli oleh pihak Rutan kelas IIB sendiri.

"Untuk hasil tanaman ini tentunya akan dijual tapi dijualnya ke Dapur Rutan kelas IIB sendiri lalu untuk uang hasil dari penjualan akan kita belikan ke bibit lagi dan untuk memberi upah bagi warga binaan yang telah merawat tanaman ini," katanya.

Lebih lanjut, Suami dari Esty Apriyanti ini menuturkan untuk saat ini berjalan dengan mandiri namun sangat mengharapkan mendapat bantuan dari pemerintah kota,  seperti diketahui Warga binaan di rutan ini mayoritas masyarakat prabumulih.

"Kami mengharapkan jika ada bantuan seperti tempat untuk peternakan ikan maupun ayam dari Dinas terkait, seperti kita ketahui warga binaan ini 95 persen masyarakat prabumulih, jadi kalau dibantu kita bisa menambah lahan untuk menanam dan bisa kita jual ke pasar umum, sehingga pasar Prabumulih tidak perlu jauh-jauh lagi mengisi Sayur-sayuran dari luar kota lagi," jelasnya.

Sementara itu, Dani Efendi selaku Pengolah Bimbingan Kemandirian Rutan Kelas IIB Prabumulih mengatakan selain penanaman toga dan sayur kangkung kedepannya akan menanam seperti Singkong yang tidak memakan waktu cukup lama. Lalu untuk tenaga kerja ini melibatkan sebanyak enam orang yang memang memiliki keahlian dalam merawat kebun.

"Dari hasil ini kami jual ke kantor yang akan di olah kembali untuk menanam yang lain serta membeli pupuk nya karena kita lebih memfokuskan menanam yang tidak memakan waktu lama untuk panen nya," ucapnya.(FAP)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar