Kabupaten Pali Gelar Perlombaan Kesenian Bersenjang, Berikut Jadwal dan Tempatnya



PALI, Merdekasumsel.com - Untuk melestarikan budaya khas kesenian daerah Kabupaten Pali menggelar lomba kesenian bersenjang di beberapa kecamatan di Kabupaten Pali. 

Ajang tersebut kembali digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pali yang ke-7 April mendatang.

Adapun jadwal perlombaan yakni di Tanah Abang pada tanggal 11-12 Maret 2020, Kecamatan Abab pada tanggal 15-16 Maret 2020, Penukal pada tanggal 19-20 Maret 2020, Penukal Utara pada tanggal 23-24 Maret 2020, dan Talang Ubi pada tanggal 27-28 Maret 2020.

“Nanti, di masing-masing kecamatan akan diambil empat terbaik dan akan diperlombakan ditingkat kabupaten,” ujar salah satu Panitia Pelaksana Fauzi ketika dibincangi oleh wartawan, senin (16/03/20).

Lebih lanjut, Fauzi menjelaskan peserta lomba akan dinilai oleh dewan juri yang berkompeten dan telah malah melintang di dunia Seni Bersenjang. Panitia akan menyiapkan Piala, Piagam dan uang jutaan rupiah bagi peserta yang berhasil meraih juara.

“Adapun tujuan diadakannya lomba ini, selain wahana hiburan bagi masyarakat Pali, juga mengingatkan kita akan budaya tempo dulu yang seakan mulai punah,” paparnya.

Menurut hasil pantauan, bahwa perlombaan hari kedua Senjang untuk wilayah Kecamatan Abab, nampak para peserta begitu antusiasme unjuk gigi dalam kepiawaiannya bersenjang. Ada puluhan peserta yang ikut berpartisipasi. Bahkan, para peserta terlihat memakai busana khas layaknya seorang pelaku Seni bersenjang.(Dep)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar