Gotong Royong Dirikan Posyandu, Lurah GIB : Dana Serta Material Semuanya Sukarela Warga Sekitar dan Para Donatur

 


PRABUMULIH, MERDEKASUMSEL.COM -- Walikota Prabumulih didampingi Ketua TP-PKK Prabumulih beserta jajaran melakukan peletakan batu pertama pembangunan posyandu Cindrawasi yang berada di Jalan mentawai kelurahan Gunung ibul Barat kecamatan Prabumulih Timur. 

Pembangunan Posyandu itu diharapkan dapat menambah semangat dalam pelayanan kesehatan serta banyak dikunjungi oleh warga sekitar untuk kegiatan kesehatan terkhusus nya dilingkungan Kelurahan Gunung Ibul Barat. 

Menurut informasi, pembangunan posyandu Cindrawasi di Jalan Mentawai Gang Sersan Parman RT 02 RW 01 Kelurahan Gunung Ibul Barat (Gib) tersebut dikerjakan dengan cara gorong royong dan untuk sumber dana yakni dengan adanya sumbangan dari warga serta para donatur lainnya. 

Acara yang dihadiri langsung oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM didampingi Ketua TP-PKK Kota Prabumulih Hj Suyani Ngesti Rahayu dan Wakil Ketua TP-PKK Kota Prabumulih Hj Reni Handayani, Assisten III Pemkot Prabumulih H Rasyid Sag, Camat Prabumulih Timur Jonny Panhar SH, Lurah Gunung Ibul Barat (GIB) Joko Arif Trianto Amd, Ketua KNPI, Perwakilan RS Bunda Prabumulih, Pimpinan Perusahan air mineral Winro, Ketua Masyarakat Tionghoa Prabumulih Lintas Agama (Mtpla), Ketua Karang Taruna (KT) GIB, Perwakilan Perusahaan PT Perta Samtan Gas serta para donatur dari berbagai elemen-elemen lainnya. 

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menyampaikan mendukung kegiatan pembangunan posyandu yang dilakukan oleh warga GIB dengan dana mandiri yang didapat dari sumbangan warga dan para donatur. 

"Kita yakin bahwa posyandu yang dikelola olah pak lurah ini begitu efektif, begitu rajin banyak inovasi dan motivasi untuk warga nya. Buktinya warganya bisa menghibahkan tanah untuk di bangun posyandu ini untuk dimanfaatkan sebagai sarana kesehatan, " kata Walikota Prabumulih ketika diwawancarai wartawan, selasa (27/10/2020). 

Ridho mengatakan, jika pada bulan November mendatang pembangunan posyandu Cindrawasi tak kunjung selesai maka Pemerintah Kota Prabumulih akan membantu untuk menyelesaikan. "Kalau batas bulan 11 akhir nanti belum selesai nanti kita akan datang lagi ke sini, dan yang jelas untuk pelayanan kesehatan didaerah sini bisa lebih di optimalkan terutama untuk anak-anak," harapnya. 

Sementara itu, Lurah Kelurahan Gunung Ibul Barat (Gib) Joko Arif Trianto Amd mengatakan untuk pembangunan Posyandu Cindrawasi ini sangat disambut baik oleh para warga serta para donatur, dengan harapan dapat menjadi posyandu yang bermanfaat bagi warga Kelurahan GIB. 

"Alhamdulillah pembangunan posyandu ini mendapat dukungan baik dari para warga dan donatur walaupun seberapa kecil ataupun besar tetap di terima dengan ikhlas dari panitia Pembangunan, " katanya seraya menuturkan luas lahan sebesar 26*13 meter dan untuk bangunan 13*8 meter. 

Lanjut Arif menerangkan pembangunan posyandu Cindrawasi itu didirikan di tanah wakaf dari warga GIB dengan luas lahan sebesar 26*13 meter dan untuk bangunan 13*8 meter lalu untuk dana yang terkumpul sekitar Rp 13 juta serta bahan material yang terkumpul dari sukarelawan warga sekitar dan para donatur. 

"Untuk sumber dana kita tidak memaksa mau membantu besar kecilnya asal ikhlas yang jelas untuk pengerjaan ini ita bekerja semaksimal mungkin dengan mengajak sama-sama bergotong royong dengan diiringi usaha dan ikhtiar insyaallah bangunannya akan terselesaikan," tuturnya. 

Ditambah, Camat Prabumulih Timur Joni Panhar ST menyampaikan apresiasinya terhadap pihak Kelurahan dan masyarakat yang mempunyai inisiatif untuk pembangunan gedung posyandu.  

"Tentu ini suatu inovasi yang sangat bagus, karena kita biasanya minta bantuan kepada Pemerintah, namun ini datang dari warga sendiri dengan cara gotong royong dan pihak-pihak lain yang membantu. Mudah-mudahan gedung posyandu yang baru ini dapat bermanfaat dan berguna untuk para anak-anak dan lansia di wilayah kelurahan GIB ," pungkasnya. (FAP) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar