RSUD Sekayu Kembali Gelar Operasi Jantung Terbuka dan Tuntaskan 12 Pasien

 

Muba, Merdekasumsel.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu kembali berhasil melakukan operasi jantung terbuka untuk dua pasien, Sabtu (27/3/2021). 


Dua pasien  bernama Shezan Laiqa Enzi (1 th) Alamat 12 Ulu Palembang yang diagnosa patent ductus arteriosus (PDA), dan Laras Lusiana (22 th) asal Desa Tugu Mulyo Lempuing OKI, diagnosa artial septal defect (ASD).


Direktur Utama RSUD Sekayu dr Makson Parulian Purba MARS mengungkapkan kesuksesan setiap operasi jantung yang dilakukan di RSUD Sekayu tak lepas dari dukungan penuh Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin yang terus meningkatkan sarana prasarana serta faslitas. 


"Kita patut apresiasi upaya yang telah dilakukan Bupati dan tim dokter demi keselamatan dan kesehatan yang tidak hanya bisa dirasakan masyarakat Muba tetapi juga seluruh masyarakat Sumatera Selatan, bahkan komitmen yang konsisten dari pak Bupati Dodi Reza untuk mewujudkan Pusat Rujukan Jantung Provinsi Sumsel mendapat Bantuan BNPB yaitu alat ECMO yang bisa di gunakan untuk komplikasi gagal nafas akibat COVID-19 dan komplikasi operasi jantung", kata dr Makson.


Dilain kesempatan Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan selamat kepada tim dokter serta turut mendoakan kedua pasien agar segera sembuh.


"Semoga lekas sembuh dan bisa berkumpul dengan keluarga serta beraktifitas dengan normal," harapnya.


Bupati Dodi menambahkan,  kesuksesan setiap operasi jantung terbuka, mendudukkan RSUD Sekayu sebagai kiblat  operasi jantung di Sumsel dan mewujudkan RSUD Sekayu pusat rujukan jantung provinsi Sumsel.


"Dengan sarana dan prasarana serta tim medis yang dimiliki RSUD Sekayu, InshaAllah bisa mengakomodir pelaksanaan operasi jantung terbuka," pungkasnya.


Sementara spesialis Bedah Jantung RSUD Sekayu dr. Gama Satria, SpB, SpBTKV saat dikonfirmasi awak media menyebutkan operasi jantung kali ini adalah yang ke 11 (sebelas) dan 12 (dua belas).


"Total sudah 12 pasien operasi jantung yang dilakukan di RSUD Sekayu," ujar dr Gama.


dr Gama mengatakan operasi yang berjalan kurang lebih lima jam tersebut berjalan lancar dan sukses.


"Alhamdulillah kita kembali berhasil melaksanakan operasi jantung terbuka kali ini. Keberhasilan ini karena didukung dengan fasilitas yang lengkap dan tim doker yang mempuni," ucapnya.


Adapun tim dokter yang melaksanakan operasi tersebut terdiri dr. Bermansyah, SpB, SpBTKV, dr. Gama Satria, SpB, SpBTKV, dr. Ahmad Umar, SpB, SpBTKV, dr. Heru, SpAn, dan dr. Ihsan Affandi, SpAn.(Sri)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar