12 Desa Patungan, Bekali PPKD Ilmu Sistem Keuangan


Prabumulih, Merdekasumsel.com - Untuk memberikan pemahaman kepada aparatur desa khusus dalam penggunaan sistem keuangan desa (Siskeudes), Forum Kepala Desa kota Prabumulih melakukan bimbingan teknis Siskeudes Prabumulih 2021, Senin (5/7/2021).


Kegiatan yang diselenggarakan di ballroom Fave hotel tersebut dihadiri Asisten 1 Pemkot Prabumulih Drs Aris Priadi SH MSi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Fauzan Akmal dan Ketua Forum Kades, Asmedi serta perwakilan BPKP sebagai narasumber.


"Melalui kegiatan ini diharap pelaksana pengelolaan keuangan desa (PPKD) dapat mengetahui tugas dan fungsi dalam pengelolaan dana desa," ungkap Ketua forum kades, Asmedi dalam kegiatan.


Asmedi menuturkan, pihaknya juga berharap melalui kegiatan bimbingan teknis selama dua hari itu para peserta dapat mengoperasikan aplikasi Siskeudes untuk mempermudah laporan keuangan desa.

"Untuk anggaran pelatihan ini kami 12 desa mengumpulkan dana dari dana desa, peserta sendiri ada sekitar 36 orang," bebernya.


Asisten 1 Pemkot Prabumulih, Drs Aris Priadi SH MSi mengapresiasi kegiatan dilakukan para perangkat desa untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penggunaan Siskeudes.


"Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dan narasumber dari BPKP, kami harap peserta dapat benar-benar menyerap ilmu yang diberikan dan ikuti kegiatan sampai selesai," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dinas PMD, Fauzan Akmal mengungkapkan pelaksanaan bimbingan teknis dilakukan desa disebabkan desa memang memiliki anggaran khusus pelatihan meningkatkan kemampuan PPKD.


"Jadi mereka mengumpulkan anggaran untuk melaksanakan ini, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar lebih meningkatkan lagi dalam penyusunan anggaran melalui sistem," ujarnya.


Kendala desa-desa dalam pelaksanaan pelaporan anggaran selama ini kata Fauzan disebabkan karena jaringan dan terus adanya pembeharuan-pembeharuan dalam sistem.


"Dengan adanya sistem mereka langsung melapor tidak manual dan bisa dilakukan per hari oleh mereka," tambahnya.(FAP)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar