Prabumulih Ekspor Perdana 600 Kilogram Serat Daun Nanas ke Luar Negeri

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM melaunching ekspor perdana serat daun nanas Prabumulih sebanyak 600 kilogram ke luar negeri, selasa (5/4/2022). 


Kegiatan tersebut diselenggarakan langsung di kebun nanas milik warga di Kelurahan Patih galung, Kecamatan Prabumulih Barat. 


Dalam acara pengiriman perdana serat daun nanas itu dihadiri juga oleh Ketua TP PKK Prabumulih Hj Suryanti Ngesti Rahayu, Wakil Ketua TP PKK Hj Reni Indayani, seluruh jajaran Forkopimda Prabumulih dan tamu undangan lainnya. 


Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM dalam sambutannya mengatakan dilakukan ekspor perdana serat daun nanas berdasarkan hasil uji laboratorium merupakan terbaik di dunia dimana memiliki ukuran daun yang panjang, tahan lama serta memiliki kekuatan yang bagus.


"Jadi perusahaan negara luar itu tidak mau asal terima tapi mereka menerima namun di uji dulu di laboratorium, jika bagus baru mereka setuju dan minta ekspor. Untuk serat daun nanas kota Prabumulih sendiri terbaik," katanya. 


Ridho menuturkan tak hanya serat daun nanas saja yang dapat dimanfaatkan, namun dapat juga diolah sebagai pewarna pakaian maupun makanan. 


“Prabumulih ini kan banyak yang dinobatkannya. Pertama dulu Prabumulih kota nanas, Alhamdulillah nanas kita olah dari buah, daging kita jadikan kalengan, kita jadikan selai kemudian dari kulitnya bisa untuk makan dan bisa juga untuk pewarna baju limbah nanas, " imbuhnya. 


Orang nomor satu di kota nanas ini menyampaikan, dirinya belum berani ekspor dalam jumlah banyak karena dirinya akan memastikan terlebih dahulu kebutuhan dari Singapura dan pabrik yang menerima di negara tersebut.


"Kita tidak mau walikota tertipu makanya akan kita tinjau dulu nantinya ke luar negeri, sehingga nanti kebutuhan akan serat nanas benar-benar tepat sasarannya, saya juga tidak mau petani nanas kita tertipu," tukasnya. 


Sementara itu, Nikson yang merupakan Kelompok Rani Tunas Jaya Kelurahan Patih Galung mengatakan pihaknya senang dan bersyukur serat daun nanas dipasarkan hingga luar negeri.


"Kami selaku kelompok tani merasa bersyukur karena support pemerintah kota Prabumulih khususnya walikota sangat besar terhadap usaha kami masyarakat ini," ucapnya. (FAP) 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar