DPP KNPI: Kesuksesan G20-Bali, Bukti Presiden Jokowi Teguhkan Politik Bebas Aktif Indonesia


Jakarta, Merdekasumsel.com - Indonesia telah selesai menjalankan peran Presidensinya secara baik dalam KTT G-20 yang ke 17, pada tanggal 15-16 November kemarin di Bali. Sebagai tuan rumah kali ini Indonesia mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger" yang memuat harapan pemulihan Pasca Pandemi Covid-1 melanda seluruh dunia. 


Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat berpidato pada pertemuan Sesi I Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Selasa (15/11/2022) menyatakan bahwa kolaborasi negara-negara G20 sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan dunia yang saat ini sedang menghadapi tantangan krisis yang luar biasa.


Beberapa kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan KTT G20 Indonesia antara lain Terkumpulnya pandemic fund sebesar USD 1,5 Milliar, pembentukan dan operasionalisasi reslience and sustainability trust di bawah IMF sejumlah USD 81,6 Milliar untuk membantu negara-negara menghadapi krisis, Mekanisme transisi energi, khususnya untuk Indonesia memperoleh komitmen dari Just Energy Transition Programme sebesar USD 20 Milliar dan Komitmen bersama 30% daratan dunia dan 30% lautan dunia dilindungi tahun 2030 dan melanjutkan komitmen mengurangi degradasi tanah sampai 50% tahun 2040 secara sukarela.


Ketua Umum DPP KNPI Yana Maulida Jusra menyampaikan apresiasi atas kesuksesan pelaksanaan G20 di Bali. Gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yang egaliter dalam semangat persatuan dapat menjadi cermin kepemimpinan dunia hari ini. 


Presiden Jokowi sukses menempatkan  Indonesia yang manganut politik luar negeri bebas aktif dapat diterima semua negara, tidak ada satupun negara yang berkomentar negatif tentang Indonesia maupun Presiden Jokowi, Kami mendukung setiap poin keputusan yang telah disepakati dalam KTT G20 Indonesia selama 2 hari di Bali tersebut.


"Bapak Presiden dalam sesi ke I KTT telah menekankan pentingnya "kolaborasi" negara-negara untuk menyelamatkan dunia yang menghadapi krisis. DPP KNPI juga menekankan bahwa keberhasilan pelaksanaan hasil KTT G20 Indonesia akan semakin dapat terealisasikan bila "kaum milenial" diajak menjembatani setiap poin keputusan yang telah diambil.(Ril)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar