Minimalisir Dampak Longsor di Desa Berlian Makmur Sungai Lilin Segera Diperbaiki


MUBA, Merdekasumsel.com - Setelah ditinjau langsung Pj Bupati Muba H. Apriyadi Mahmud lokasi longsor di Desa Berlian Makmur (C.2), Kecamatan Sungai Lilin, tepatnya di belakang SMA N 2 Sungai Lilin beberapa waktu lalu, mulai Jumat (10/11/2022) perbaikan longsor mulai dilakukan dan mobilisasi alat berat ke lokasi oleh Dinas PUPR Muba bersama tim BPBD Muba.


“Hari ini mobilisasi alat mulai dilakukan dari Dinas PUPR Muba dibantu Tim BPBD Muba, kita mulai melakukan perbaikan,” ungkap Plt Kadin PUPR Muba, Mirwan Susanto, Jumat (10/11/2022).


Ia merinci, proses perbaikan menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) yang memang diperuntukan untuk tanggap darurat bencana. “Untuk perbaikan longsor tersebut mengucurkan anggaran sebesar Rp800 juta yang berasal dari dana BTT,” urainya.


Ia mengungkapkan, longsor disebabkan drainase yang kurang baik, sehingga air masuk ke dalam pori-pori tanah, sehingga tanah menjadi jenuh dan berujung pada longsor.


“Kita sudah lakukan pengukuran volume dan lebar, dengan areal longsor yang akan ditangani lebar 20 meter dengan kedalaman 7,5 meter,” jelasnya.


Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Pendampingan Teknis dari Politeknik Negeri Sriwijaya, Ibrahim, ST., MT menyarankan Untuk menanggulangi bencana longsor pihaknya menyarankan dibangun dinding dengan sistem penahan bertingkat.


“Kita gunakan penahan atau trap hingga lima buah. Lalu, setiap trap diisi tanah kerikil yang dipadatkan, dan akan dibuatkan drainase baik di atas maupun di bagian samping,” pungkasnya.(Sri)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar