Peresmian Pembangunan Booster Muara Sungai, Walikota Prabumulih Ingin Pelayanan Air minum Dapat Capai 100 persen

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com — Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menghadiri sekaligus meresmikan bangunan booster Muara Sungai kapasitas 500 M3 dan peletakan batu pertama pembangunan booster cambai PDAM Tirta Prabujaya Kota Prabumulih, Jumat (9/06/2023).


Disela-sela peresmian Pembangunan Booster Muara Sungai Dan Peletakan Batu Pertama Booster Cambai, Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengharapkan pelayanan air minum PDAM Prabujaya dapat capai 100 persen sama seperti Gas Kota.



Keinginan pria pengagas program Gas Kota Prabumulih itu bahkan disampaikannya langsung kepada Kasatker Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan, Yusrizal ST MT yang saat itu hadir di acara peresmian Booster Muara Sungai Dan Peletakan Batu Pertama Booster Cambai bersama jajarannya.


Dalam sambutan Ridho mengatakan, diakhir masa jabatan saya ini semoga tahun depan pelayanan Air Minum PDAM Prabujaya ini dapat capai 100 persen. "Meski saya tahun depan tidak menjabat lagi, tapi saya berharap tahun depan Prabumulih bisa di bantu lagi pak Kasatker. Karena kami berharap selain gas kotanya yang 100 persen, kami juga berharap pelayanan air minum yang belum 100 persen ini alangkah indahnya kalau di Prabumulih juga jadi 100 persen terlayani air minumnya pak. Apa lagi bila itu hanya satu-satunya di Indonesia,"terangnya saat itu.


"Sebab Prabumulih sendiri menerima bantuan terkait Booster ini sudah ketiga kalinya. Jadi harapan kami 100 persen gas rumah tangga, juga 100 persen air minumnya," ucapnya.



Sementara itu, ditempat yang sama, Kasatker Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan, Yusrizal ST MT ketika diwawancarai menuturkan, Pembangunan rumah pompa dan jaringan untuk cambai ini menelan dana  sekitar Rp8 Milyar lebih. 


"Untuk melayani sekitar 1.600 rumah, karena kapasitas yang kita bangun itu 300 Meter persegi," ujarnya. 


Yusrizal menegaskan, pihaknya akan terus membangun daerah-daerah yang juga serius untuk memajukan daerahnya dengan mengoperasionalkan semua bantuan yang telah kita bantu.


"Kita prinsipnya membangun daerah-daerah yang telah komit untuk dilakukan operasionalnya, kita tidak ingin ada pembangunan tapi setelah itu lambat posisinya, sehingga kita selalu dibilang pembangunan mangkrak-mangkrak karena kewenangan kami sampai ke pada melakukan operasional.


"Dan untuk target air minum 100 persen itu ya sesuai hasil evaluasi infrakstruktur kami nanti kalau hasilnya baik akan kami pertimbangkan pembangunan baru tapi kalau tidak kita upayakan dulu operasional yang sudah ada," tegas Yusrizal saat itu.



Dilain kesempatan, Direktur PDAM Prabujaya Ari Fajar C mengatakan, pembangunan booster Cambai ini nantinya akan mengcover tiga wilayah yakni wilayah Sindur, Pangkul, Cambai. 


"Tapi kita bertahap dulu menyelesaikannya yakni mulai dari Cambai dulu untuk dijadikan Cambai 100 persen. Setelah selesai baru ke daerah lain," tukasnya seraya menerangkan untuk pengerjaan saat ini sudah berjalan sekitar 30 persen dengan target penyelesaian di Desember 2023 ini.(Adv/FAP)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar