Polri Peduli, Distrubusikan Air Bersih dan Cegah Karhutla di Prabumulih

(Penyaluran Air Bersih oleh Anggota Polres Prabumulih kepada Warga Desa Tanjung Menang, Kota Prabumulih) 


Prabumulih, Merdekasumsel.com — Dampak musim kemarau yang berkepanjangan menyebabkan sebagian wilayah di Kota Prabumulih Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) mengalami kekeringan, sehingga tak sedikit warga di sejumlah kecamatan mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.


Penyaluran Air bersih ini merupakan kegiatan rutin yang dicanangkan oleh Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SIK MH. 


Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SIK MH menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini Polres Prabumulih mendistribusikan air bersih sebanyak 5000 liter kepada masyarakat agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan mereka. "Semoga air bersih ini bermanfaat bagi masyarakat, " kata Kapolres Prabumulih. 


Air bersih tersebut diangkut menggunakan mobil water Cannon yang dimiliki oleh Polres Prabumulih. Selanjutnya Kapolres Prabumulih juga mengatakan ke depannya Polres Prabumulih akan mendistribusikan air bersih ke wilayah lainnya di Kota Prabumulih yang mengalami kesulitan air bersih. 


"Kita juga mengajak untuk bijak dalam menggunakan air bersih karena air bersih sudah semakin sulit didapatkan dikarenakan kemarau yang berkepanjangan ini, " katanya.


Pantauan dilapangan oleh Merdekasumsel.com, Polres Prabumulih telah menyalurkan bantuan air bersih untuk warga terdampak kekeringan di sejumlah titik yang terdampak kekeringan diantaranya yakni di Kelurahan Cambai, Kelurahan Majasari, Kelurahan Sukaraja, Kelurahan Parih Galung, dan Desa Tanjung Menang dan daerah lainnya di Kota Prabumulih.


Suryanti (50) salah satu warga di kelurahan Majasari ketika dibincangi mengatakan sudah mengalami kekeringan air bersih selama beberapa bulan ini, bahkan untuk mendapatkan air bersih dirinya juga rutin melakukan pembelian air bersih. 


“Sudah beberapa bulan ini kami beli air, untuk kebutuhan sehari-hari. Sebenarnya sangat berat untuk beli air bersih terus disaat semua bahan pokok lagi meningkat harganya, jadi makin banyak pengeluaran yang harus dibeli,” ujarnya. 


Ibu dari dua anak itu juga mengatakan sangat terbantu dengan adanya bantuan air bersih yang diberikan oleh Polres Prabumulih. “Terimakasih atas bantuan air bersih, ini sangat membantu kami dalam masa kemarau ini,” tuturnya. 


Sementara itu, Hadi (44) salah satu warga dari Kelurahan Cambai mengungkapkan terimakasih kepada Kapolres Prabumulih atas bantuan air bersihnya. “Semoga untuk kedepan lebih bermanfaat bagi masyarakat cambai,” katanya. 


Selain memberikan bantuan air bersih, Polres Prabumulih melalui Bhabinkamtibmas melaksanakan patroli menyapa warga di desa dan kelurahan untuk kembali mengingatkan serta menghimbau agar jangan membakar lahan saat hendak membuka lahan kebun ketika musim kemarau ini. 


Salah satu upaya pencegahan adanya Karhutla yaitu menyampaikan himbauan dengan cara langsung mendatangi satu persatu ke rumah warga dan sejumlah tempat yang menjadi sasaran untuk menyampaikan himbauan sosialisasi edukasi terkait Karhutla. 


Adapun himbauan yang disampaikan yakni dilarang melakukan pembakaran hutan dan lahan, kemudian apabila melihat kebakaran lahan dan hutan segera melapor ke aparat kepolisian setempat, lalu tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat, selanjutnya tidak meninggalkan api di lahan ataupun di hutan sembarangan dan kelima hindari praktek membuka lahan dan hutan dengan cara dibakar.


Hal tersebut dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi tubuh serta dapat menyebabkan penyakit Infeksi Saluan Pernafasan Akut (ISPA) terhadap lingkungan dan masyarakat di Kota Prabumulih dan sekitarnya.


Tak hanya menghimbau dan menyalurkan air bersih saja yang dilakukan oleh Polres Prabumulih, adapun berbagai program Polres Prabumulih lakukan yang menyentuh secara langsung ke masyarakat juga dikedepankan oleh polres prabumulih di antaranya program inovatif pengamanan tempat ibadah oleh personel Polisi Wanita (Polwan) di kota Prabumulih, Polisi Ngantor di Kelurahan/Desa, Pelayanan di Mall Pelayanan Prabumulih (MPP), Pendirian Posko Karhutla, Jumat Curhat, Patroli Jalan Kaki di Pasar Inpres serta kegiatan-kegiatan lainnya yang dilakukan oleh Polres Prabumulih. (FAP) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar