Baku Tembak Bak Film Action, Satu Komplotan Curas OKUT Tewas Diterjang Peluru Polisi

Foto Ist : Pelaku dan BB

Martapura, Merdekasumsel.com - Satu dari empat pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) bernama Adriyanto alias Dri (38) Dusun Proyek Desa Muncak Kabau Kecamatan BP Bangsa Raja OKU Timur, tewas ditembak petugas Polres OKU Timur.

Pelaku tewas saat hendak diberikan pertolongan medis akibat luka tembak, namun diduga kehabisan darah ketika dalam perjalanan menuju rumah sakit Dri lalu menghembuskan nafas terakhir di perjalanan.

Petugas kepolisian terpaksa menembak pelaku karena melakukan perlawanan dengan menembaki petugas ketika akan diamankan. Bahkan antara pelaku dan temannya dengan petugas terjadi baku tembak bak film action hingga akhirnya melumpuhkan pelaku Dri.

Sementara tiga pelaku lain inisial DI, BR serta AK masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres OKU Timur dan menjadi buruan aparat.

Peristiwa baku tembak itu sendiri terjadi di kawasan Desa Salimajang Negeri Pakuan Kecamatan BP Peliung OKU Timur pada Sabtu (25/5/2019) sekitar pukul 08.00.

Bersama pelaku almarhum berhasil diamankan barang bukti (BB) satu unit truk milik korban Suprayitno Nopol BE 9368 GN, satu pucuk senjata api rakitan warna hitam silver yang digunakan pelaku menembaki Petugas, dua butir peluru aktif Caliber 9mm dan tiga buah selongsong caliber 9mm yang sudah ditembakkan oleh pelaku.

Baca Juga : Heboh.. Kawanan Pencuri Bawa Kabur Mobil Ada Anak Korban Didalamnya, Mobil Pelaku Dapat

Kapolres OKU Timur, AKBP Erlin Tangjaya SH SIK kepada wartawan mengungkapkan penangkapan terhadap tersangka berawal dari laporan Supriyanto (42) warga Desa Karang Kemiri Kecamatan Belitang I OKU Timur.

"Korban melapor karena menjadi korban Curas kawanan bandit di Jalan Raya Desa Harjo Mulyo Kecamatan Madang Suku I OKU Timur pada Kamis (23/5/2019) sekitar pukul 02.30," ujarnya.

Kapolres menceritakan, saat itu korban dari Palembang menuju Belitang dan tepat di desa Jati Raya beriringan dengan mobil Panther warna biru metalik dengan Nopol BG 1399 P.

Korban berusaha mendahului mobil tersebut namun tidak berhasil hingga akhirnya tiba di Jalan Raya Desa Harjo Mulyo Kecamatan Madang Suku I OKU Timur mobil tersebut berhenti di tengah jalan dan satu pelaku turun.

"Kemudian terjadi adu mulut dan kemudian dua pelaku lainnya membantu dengan menodong korban dengan senjata api lalu meminta korban masuk ke mobil pelaku. Korban kemudian berontak dan terjadi tarik menarik di pintu mobil pelaku hingga korban terjatuh dibawah mobil dan digilas para pelaku," bebernya.

Pelaku sempat menembak dan kabur membawa truk korban, sementara korban dengan sekuat tenaga mencari pertolongan dengan mengetuk rumah warga lalu kemudian menghubungi petugas kepolisian.

"Mendapatkan informasi itu petugas kami langsung melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil mendapatkan informasi tentang identitas pelaku dan keberadaannya. Petugas kita lalu menyamar menjadi pembeli mobil truk dan kemudian bersama pelaku sepakat transaksi di Desa Salimajang Negeri Pakuan Kecamatan BP Peliung OKU Timur," jelasnya.

Kapolres menuturkan, petugas yang telah mengetahui jika truk milik korban Suprayitno lalu mendatangi lokasi transaksi dan setibanya di lokasi petugas langsung berusaha membekuk pelaku. Bukannya menyerah, pelaku justru berusaha kabur dan menembaki petugas hingga terjadilah baku tembak serta aksi kejar-kejaran.

"Setelah sekitar 500 meter baku tembak, peluru petugas kita berhasil melumpuhkan pelaku di kawasan persawahan. Lalu oleh petugas kami langsung dibawa ke rumah sakit untuk diberikan pertolongan namun dalam perjalanan pelaku menghembuskan nafas terakhir," ungkap Kapolres seraya menuturkan pihaknya tengah memburu tiga pelaku lain. (05)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar