Satpol PP Diminta Lebih Intens Penertiban Terhadap PKL


Prabumulih, Merdekasumsel.com - Melihat para sejumlah pedagang kembali berjualan yang memakan bahu jalan Jendral Sudirman kawasan pasar Kota Prabumulih sepertinya tidak ada upaya penertiban oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan dari jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prabumulih atas apa yang dilakukan Satpol PP terhadap pedagang berjualan hingga memakan bahu jalan.

Ketua Komisi II DPRD Prabumulih, Hendriansyah mengatakan pihaknya mengharapkan dari jajaran Satpol PP kota Prabumulih untuk terus rutin melakukan penertiban atau razia bagi pedagang yang masih berjualan di depan kios tepatnya di atas trotoar Jalan Jenderal Sudirman kawasan Pasar Prabumulih.

 "Dengan begitu kami mengharapkan agar pihak Satpol PP setiap hari melakukan razia dan menertibkan para pedagang, agar pedagang yang berjualan dapat tertib," kata Hendri ketika diwawancarai awak media di gedung DPRD Prabumulih, Selasa (07/01/2020).

Hendri menjelaskan, bahwa para pedagang sudah mendapatkan tempat dan disiapkan termasuk para pedagang tumpah agar berjualan di lokasi belakang PTM 1 yang telah diaspal sehingga bisa mengatasi kemacetan di sepanjang jalan perlintasan Pasar Prabumulih.

"Jika Pol PP membiarkan atau ada kelalaian maka akan menjamur dan pedagang akan banyak berjualan di sana, tapi kalau setiap hari ditertibkan maka tidak akan ada lagi pedagang berjualan disana," jelasnya.

Hendri menuturkan, jika memang satuan polisi pamong praja tidak juga melakukan penertiban maka pihaknya akan pemanggilan terhadap jajaran Satpol PP. "Jika tidak tentu akan kita undang, efektifnya untuk pedagang tumpah jam 7 sudah tidak lagi berjualan atau dipindahkan ke belakang PTM karena jam sibuk anak sekolah dan bekerja menganggu lalulintas," tuturnya.

Menanggapi itu Kepala Satpol PP Pemkot Prabumulih, Hartono mengatakan petugasnya setiap hari terus melakukan penertiban dan menghalau pedagang masih berjualan di atas trotoar di jalan jenderal sudirman kawasan pasar.

"Tiap hari petugas kami kerahkan melakukan penertiban pedagang berjualan di atas trotoar karena mereka mengganggu pejalan kaki, tapi masih ada saja pedagang masih berjualan namu petugas sudah ada jadwal tiap hari menertibkan pedagang di trotoar itu," jelasnya.(FAP)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar