Eddy Yusuf Siap Maju Pilkada Kabupaten OKU 2020

Ist

Baturaja, Merdekasumsel.com
- Nama H Eddy Yusuf digadang-gadang bakal maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tahun 2020.

Hal itu terus menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat Sebimbing Sekundang apakah pria yang pernah memimpin OKU tersebut bisa maju dalam pilkada.

Terlebih saat ini banyak beredar salinan PKPU No 1 Tahun 2020 diduga sengaja disebar oleh lawan-lawan politik untuk mematahkan semangat H Eddy Yusuf untuk merebut kursi Bupati OKU.

Didalam PKPU No 1 Tahun 2020 pasal 4 huruf P sendiri menyatakan jika calon tidak boleh turun grade (kelas). Dalam arti mantan Gubernur atau Wakil Gubernur tidak boleh mencalonkan diri menjadi Bupati atau Wakil Bupati.

Sementara warga Sumsel khususnya Kabupaten OKU mengetahui jika Eddy Yusuf adalah mantan Wakil Gubernur Sumsel periode 2008 – 2013.

"Sebetulnya jadi ngak ya pak Eddy Yusuf ini maju, soalnya masih simpang siur. Kami ini masih bingung siapa saja yang mau maju ini," ujar seorang warga Baturaja bertanya-tanya.

Hal yang sama disampaikan warga lainnya yang menuturkan jika Eddy Yusuf maju dalam pilkada optimis bisa membuat masyarakat kabupaten OKU bergetar.

"Beliau itu tokoh dan banyak yang senang, selain itu karya dan kerjanya nyata. Bisa-bisa beliau menang," beber warga lainnya dibincangi media.

Sementara, Supono, salah seorang loyalis Eddy Yusuf di Kabupaten OKU menegaskan jika mantan Bupati OKU itu tetap akan maju di Pilkada OKU.

Perihal kesimpangsiuran mengenai isu sana sini yang menyebutkan Eddy Yusuf bakal terganjal untuk maju, Ponos panggilan akrab Supono mengaku hal itu tidak jadi persoalan.

"Siapapun boleh berpendapat. Tapi Kami meyakini tidak ada ganjalan," kata anggota Dewan OKU priode 2004-2009 itu

Disinggung bagaimana dengan aturan PKPU, Ponos menuturkan jika aturan itu adalah turunan dari UU Pilkada.

"Kita tunggu hasil Keputusan Hukum terkait Judicial Review (JR) di Mahmakah Agung (MA)," ujarnya.

Ponos menegaskan, sejauh ini Eddy Yusuf terus mempersiapan langkah-langkah mulai dari kelengkapan administrasi, termasuk mempersiapkan perahu atau partai politik.

"Sejauh ini masih proses persiapan Administrasi. Kita optimis. Dan Pak Eddy juga sedang dalam proses melobi parpol," tutup Ponos. (FR)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar