SKK Migas-PT Pertamina EP Tanjung Field Sumbang Dua Sterilization Chamber ke DLH Tabalong


Tanjung Tabalong, Merdekasumsel.com – Maraknya kasus coronavirus disease (COVID-19) menarik perhatian seluruh dunia. Sebelumnya Pertamina EP (PEP), anak usaha PT Pertamina (Persero) telah memberikan sosialisasi dan bantuan kepada masyarakat ring satu terdampak seperti di kios-kios, pemasangan tempat cuci tangan di beberapa tempat, sebagai salah satu tindakan preventif penyebaran COVID-19 dan memberikan terpaan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Pertamina EP Asset 5 Tanjung Field (PEP Tanjung) sebagai salah satu kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabalong dalam penanganan limbah infeksius di Kabupaten Tabalong pada Jumat (3/4). Salah satu hal yang luput dari perhatian adalah bagaimana mengolah limbah infeksius seperti masker yang setiap hari digunakan dan dibuang bersama sampah lain. PEP Tanjung memberikan bantuan berupa dua (2) buah sterilization chamber kepada DLH Kabupaten Tabalong sebagai tempat sterilisasi kendaraan yang digunakan untuk mengangkut sampah medis tersebut.

“Saat ini saja limbah dari rumah sakit sudah mencapai 10 ton, kita tidak tahu bagaimana kondisi seseorang, namun yang jelas limbah seperti masker ini bisa mengandung kontaminan yang berbahaya. Apalagi kurangnya pengetahuan petugas kebersihan yang bekerja tanpa alat pelindung diri,” tutur Vera selaku pembicara mewakili DLH Kabupaten Tabalong.

Nantinya akan ada pemasangan tempat sampah khusus untuk masker di tempat-tempat umum seperti TPA atau pasar, sehingga akan memudahkan dalam pemisahannya. Setelah dipisahkan limbah tersebut akan dimusnahkan dengan menggunakan incinerator bersuhu tinggi.

“Kita juga perlu meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk memotong masker bekas pakai agar tidak disalahgunakan pihak lain. Harapannya kita semua lebih sadar bahwa ada orang-orang yang tetap bekerja walaupun ada resiko terpapar. Setidaknya kita dapat mengurangi resiko tersebut dengan mulai memisahkan sampah masker atau medis dengan sampah rumah tangga lainnya,” tutur Galih Pradikta Mochtar selaku Tanjung Legal & Relation Assistant Manager.

PEP Tanjung merupakan bagian dari PEP, salah satu KKKS bidang hulu migas yang beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas. PEP Tanjung mengusahakan kebutuhan energi negeri dari wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Data produksi Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas akhir Maret 2020 year-to-date, menunjukkan angka produksi minyak mentah PEP Tanjung mencapai 2.483 barrel oil per day (bopd). Sedangkan angka produksi gas bumi berkisar pada 1,17 million standard cubic feet per day (mmscfd).

Angka produksi minyak mentah PEP Tanjung menyumbang angka produksi PEP Asset 5 sebesar 13,2% sedangkan gas bumi sebesar 6,7%. Data produksi Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas akhir Maret 2020 year-to-date, menunjukkan angka produksi minyak mentah PEP Asset 5 mencapai 18.744 barrel oil per day (bopd) dari target 18.413 bopd, atau realisasi sebesar 101,8%. Sedangkan angka produksi gas bumi berkisar pada 17,5 million standard cubic feey per day (mmscfd) dari target 14,3 mmscfd, atau realisasi sebesar 122,6%.(Rl/FAP)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar