Dinas Pertanian Prabumulih Sarankan Masyarakat Tingkatkan Perekonomian Melalui Budidamber


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melalui Dinas Pertanian Pemkot Prabumulih tampak gencar melakukan sosialisasi Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) di kalangan masyarakat Prabumulih. 

Hal tersebut dilakukan guna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya ditengah masa pandemi wabah coronavirus disease (Covid-19) yang tengah melanda. 

Kepala Dinas Pertanian, Syamsurizal SP ketika diwawancarai mengatakan dengan dilakukannya Budidamber akan membantu perekonomian masyarakat khususnya ditengah pandemi virus corona yang saat ini masih melanda Indonesia.

"Kita saat ini terus mensosialisasikan budikdamber ke masyarakat guna untuk membantu perekonomian masyarakat yang saat ini tengah mengalami pandemi covid 19. Lalu jika dikelola dengan baik dan beberapa ember maka akan mampu meningkatkan perekonomian karena lele ini pemasarannya mudah, tiap rumah makan pecel lele siap menampung," katanya. 

Syamsurizal mengatakan, untuk budidaya ikan dalam ember sendiri sangat praktis, tidak butuh modal besar dan cocok bagi masyarakat perkotaan yang tidak memiliki banyak halaman di rumah.

"Untuk perlengkapan cukup ember, bibit ikan dan pakan, kita melalui penyuluh pertanian melakukan sosialisasi memberikan pengajaran kepada masyarakat agar setidaknya bisa menerapkan sehingga kebutuhan sehari-hari akan ikan beberapa bulan kedepan tidak perlu lagi membeli," katanya.

Ditanya apakah hanya mensosialisasikan budidaya ikan, Syamsurizal munuturkan, jika pihaknya juga mengajarkan menanam sayuran di dalam ember budidaya ikan baik berupa kangkung maupun sayur lainnya. 

"Baik ikan maupun sayur dengan budidaya ini sangat baik, artinya tidak kotor sehingga bisa dikonsumsi," tuturnya. 

Lebih lanjut, Syamsurizal menjelaskan bahwa pada tahun ini pihaknya belum bisa memberikan bantuan kepada masyarakat lantaran akibat adanya virus corona anggaran menjadi minim namun kedepan akan dianggarkan untuk memberikan bantuan budikdamber kepada masyarakat.

"Akibat corona ini kita ada refocusing anggaran, namun kita tetap lakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kedepan kita akan anggarkan untuk pemberian bantuan," bebernya.(FAP) 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar