Usulkan Program KUR, BSB Prabumulih Ringankan Pinjaman Untuk Bantu Perekonomian


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Bank Sumsel Babel (BSB) cabang Kota Prabumulih memberikan Pinjaman Modal Usaha kepada 20 dari 40 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang di bantu gerobak oleh Pemerintah Kota Prabumulih.

Diketahui, sebanyak 20 Pelaku UMKM tersebut akan di bantu modal usaha sebesar Rp 1 Juta per orang, dengan Total Rp 20 Juta dari Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang di keluarkan oleh Bank Sumsel Babel (BSB) Kota Prabumulih.

Meskipun begitu, walaupun di tengah pandemi yang masih merebak, Pemkot Prabumulih beserta jajaran bank Sumsel Babel cabang Prabumulih menyalurkan bantuannya tetap dengan protokol kesehatan yakni seluruh tamu undangan dan unsur muspida yang jadi menggunakan masker dan jaga jarak untuk tempat duduk.

Penyerahan bantun modal usaha itu dilaksanakan sekaligus penyerahan bantuan Gerobak dari Pemerintah Kota Prabumulih kepada 40 pelaku UMKM yang dilaksanakan di Gedung Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Senin (22/06/2020).

Dalam memberikan bantuan tersebut, dihadiri langsung oleh Walikota Prabumulih, Ir Ridho Yahya MM, Dirut BSB Ahmad Syamsudin, Kepala Cabang BSB Kota Prabumulih, Tian K Yamin, serta unsur muspida dan tamu undangan lainnya.

Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Kota Prabumulih, Tian K Yamin menerangkan, bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan dari Bank Sumsel Babel (BSB) Kota Prabumulih kepada Pemerintah Kota Prabumulih dalam upaya meningkatkan kembali Ekonomi di tengah masyarakat, terutama di sektor UMKM yang belakangan ini memang semakin menurut atau menyusut yang dikarenakan terdampak dari Pendemi Covid-19.

"Jadi yang 20 orang itu yang sudah lolos Verifikasi untuk mendapat pinjaman modal dari program KUR, karena usaha mereka sudah lebih dari 6 bulan lebih, sedangkan yang lainnya masih dalam proses karena mereka belum memenuhi ketentuan untuk mendapatkan Pinjaman Modal dari Program KUR Bank Sumsel Babel Kota Prabumulih," jelas Tian kepada wartawan ketika dibincangi diruang kerjanya.

Tian menerangkan, jika pinjaman tersebut bakal di ansur setiap bulannya selama 1 tahun ke depan, dengan bunga yang sangat kecil yakni sebesar enam persen.

"Bunga dari program KUR Bank Sumsel Babel sangat kecil dari progam KUR Bank lainnya, dengan bunga hanya enam persen, jadi mereka hanya bayar sekitar 85 Ribu per bulannya,"

"Dan kedepannya jika usaha mereka semakin berkembang, kita akan kembali memberikan pinjaman modal usaha dari program KUR dengan nominal yang lebih besar, tergantung dengan usaha dan kebutuhan mereka nantinya," katanya.

Dalam kesempatan itu juga Tian berharap, dengan adanya bantuan pinjaman modal itu dapat meningkatkan usaha mereka, sehingga ekonomi di tengah masyarakat kembali berkembang.

"Memang kalau dari sisi pinjaman kan tidak seberapa. Namun dengan adanya pinjaman ini, diharapkan dapat bermanfaat untuk mereka, sehingga nantinya dapat membangkitkan gairah perekonomian di tengah masyarakat Kota Prabumulih. Dan itu dimulai dari tahapan ini," pungkasnya.(FAP)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar