Target Tambah Kursi Legislatif, Puluhan Kader Bersaing Rebutan Ketua PAC PDIP Prabumulih

 



PRABUMULIH, MERDEKASUMSEL.COM -- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Prabumulih melaksanakan kegiatan Fit and Proper Test atau uji kelayakan dan kepatutan untuk menjadi Calon ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) tingkat kecamatan di Kota Prabumulih. 

Pemilihan Calon Ketua PAC masa periode 2020-2025 ini diikuti oleh sebanyak 30 orang dari 6 Kecamatan di Kota Prabumulih yang diselenggarakan di ballroom rumah makan Arjuna jalan Jendral Sudirman Kelurahan gunung ibul Barat kecamatan Prabumulih timur, sabtu (7/11/2020). 

Para peserta tes itu disetiap PAC nya mengirimkan paling sedikit lima calon ketua terbaik yang telah dipilih oleh masing-masing ranting dan anak ranting PDI Perjuangan Kota Prabumulih untuk mengikuti tes sebagai calon Ketua, sekretaris dan bendahara pada PAC Kecamatan.

"Hari ini kami melaksanakan fit and proper test untuk menyeleksi calon ketua PAC di semua kecamatan. Melalui tes ini, kami ingin mengetahui kemampuan para kader untuk menjadi pemimpin di PAC kecamatannya masing-masing, " kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Prabumulih, Ir Dipe Anom didampingi Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Akbar Sirait dan Wakil Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi PDI Perjuangan Prabumulih, Purwaka ketika dibincangi wartawan. 

Dipe mengatakan proses fit and proper test adalah salah satu tahapan pembentukan struktur kecamatan yang diharapakan tes ini calon-calon pimpinan kecamatan memiliki wawasan pembekalan dan usaha lain yang dapat dinilai DPD partai dan diberikan amanah untuk memimpin partai di tingkat Kecamatan. 

"Pemilihan PAC ini merupakan rekomendasi dan kewenangan dari DPD, jadi DPD melalui DPC melakukan fit and proper test untuk menilai dan mengetahui masing-masing kandidat untuk diberi amanat memimpin PAC ditingkat kecamatan dan juga dapat memperkuat partai, " 


"Nanti DPD sesuai dengan kewenangan nya akan mempelajari fit and proper test dan berkoordinasi dengan DPC terkait penempatan orang-orang yang ikut tes dan tadi ada lima orang per PAC kemudian nanti akan di ambil 3 per PAC dari setiap PAC itu direkomendasikan dari DPD sesuai dengan kewenangannya jadi setalah itu direkomendasikan dan disampaikan ke DPC untuk dilakukan musyawarah anak cabang terhadap penetapan hasil dari DPD, " jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumsel, Hagmar Bandamana SH didampingi Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumsel, Tunjeta SPd mengatakan dengan melakukan Fit and proper test ini akan diseleksi di DPD Provinsi untuk menentuka tahapan uji selanjutnya. Dengan berbagai tahapan tersebut diharapkan dapat menghasilkan ketua PAC terpilih yang handal, bertanggung jawab, loyal dan dapat menyegarkan struktur partai ditingkat Kecamatan. 

"Kami berharap dengan adanya fit and proper test ini akan terjadi penyegaran di struktur tingkat kecamatan kemudian kami tahu kualitas dari para pengurus PAC di tingkat kecamatan di Prabumulih serta PAC se Sumatera Selatan ini, " imbuhnya. 

Lanjut, Hagmar menuturkan kedepan gerakan partai akan lebih baik dari sebelumnya dan apa yang masih kurang selama ini di kota Prabumulih akan diperbaiki lagi. 

"Insyaallah kami di tahun 2024 akan berupaya akan memimpin di kota Prabumulih, dan target kami kedepan nanti akan menambah para anggota fraksi yang sekarang tiga dan insyaallah nanti akan bertambah, " tuturnya. 

Ditambahkan, Wakil ketua bidang Ideologi Kaderisi DPD PDI Provinsi Sumsel, Susanto Adjis SH menyampaikan tahap fit and proper test ini mencakup wawancara dan tes tertulis yang hasilnya akan dikirim ke DPD PDI Perjuangan Sumsel untuk kemudian diputuskan siapa akan terpilih.

"Pertama mereka akan melakukan fit and proper test seperti ini dan selanjutnya mereka akan melakukan dialog apa komitmen dan rencana kedepan apa rencananya kedepan dan apa yang akan dilakukan ketika menjadi ketua PAC, " pungkasnya. (FAP) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar