Update Covid-19 Kota Prabumulih, Bertambah Lagi 2 Kasus Positif

 


PRABUMULIH, MERDEKASUMSEL.COM -- Penyebaran wabah Covid-19 di wilayah Kota Prabumulih masih terus diwaspadai. Hal itu menyusul adanya penambahan kasus positif Covid-19 per 24 Desember 2020.


Dari data press release Update Dinkes Kota Prabumulih, yang disampaikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Prabumulih, Jumat (25/12/2020) tercatat ada penambahan 2 kasus positif di Kota Prabumulih.


“Ada penambahan 2 kasus positif Covid-19, per 24 Desember 2020,” tulis dr. Happy Tejo, Kepala Dinkes Kota Prabumulih dalam releasenya, yang disampaikan lewat Diskominfo Kota Prabumulih.


Penambahan kasus positif terbaru ini, disampaikan Tejo berasal dari wilayah kecamatan Prabumulih Timur dan Prabumulih Utara.


“Total kasus konfirmasi positif di Kota Prabumulih terhitung sejak Maret sampai 24 Desember 2020, sebanyak 444 kasus dengan rincian 363 sembuh, 38 masih perawatan, 32 isolasi mandiri dan 21 meninggal dunia,” sebutnya.


Sementara itu, untuk total Suspek sampai saat ini, kembali ia sampaikan berjumlah 991 orang. “Sisa dalam pemantauan aktif saat ini sebanyak 88 orang, serta Kontak erat 1.338 orang, dan sisa yang masih dipantau 21 orang,” tulisnya lagi.


Lebih jauh, Tejo kembali menyebutkan, pihaknya juga telah melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan dalam pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di Kota Prabumulih.


Adapun kegiatan-kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan di antaranya:


Tracing kontak dilakukan setiap kasus konfirmasi dan suspect baik dari data RS maupun Puskesmas.


Testing setiap kasus suspek atau pasien yang bergejala menurut buku Pedoman Kemenkes Revisi ke 5 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid 19, yaitu pemeriksaan RT PCR.


Kota Prabumulih serius dalam melakukan kegiatan Testing mengikuti standar yang ditetapkan Nasional dan Provinsi, yaitu per 24 Desember 2020 berjumlah 444 sampel dengan 6.28% dilakukan pemeriksaan di atas Nasional 3.5% dan Provinsi 5.4%.


Treatment telah dilakukan oleh Tim Covid 19 di Seluruh RS dan Puskesmas serta PSC 119, yaitu baik penanganan yang komprehensif di Puskesmas, pelayanan langsung ke rumah sampai perawatan di RS serta pengawasan bagi pasien konfirmasi positif, suspect dan kontak erat data per 24 Desember terdapat isolasi mandiri 22 orang, dan 38 orang dirawat di RS.


Dilakukan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan mulai dari penerapan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir di setiap kegiatan di tengah masyarakat baik oleh Dinkes / Puskesmas.


Melalui kegiatan pembagian masker dan penyuluhan keliling, pembinaan kader-kader kesehatan, pembinaan di sekolah untuk persiapan tatap muka, koordinasi yang intensif dengan lintas sektoral, penyuluhan terhadap pelaku-pelaku usaha dalam kepatuhan protokol kesehatan, dan lain-lain.


Pemenuhan kelengkapan Nakes (Tenaga kesehatan) terhadap penanganan Covid 19 mulai dari APD yang lengkap sesuai level standar penanganan, peningkatan kemampuan Nakes dalam penanganan melalui pelatihan-pelatihan, pemenuhan kebutuhan obat serta multivitamin.


Mengoptimalkan serta terus berkoordinasi juga evaluasi dalam gerak langkah bersama Satgas Covid 19 di Kota Prabumulih dalam pencegahan dan penanganan wabah tersebut.


Di antaranya kegiatan Yustisi dan non Yustisi dalam penerapan perwako tentang protokol kesehatan, pembinaan dan pengawasan protokol kesehatan yang ketat dalam rekomendasi izin kegiatan yang melibatkan banyak orang, dan lainnya. (Ril/FAP) 


Sumber : Kominfo Prabumulih 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar