Diduga Korsleting Listrik, Tiga Orang Tewas dan Toko Aksesoris HP Ludes Dilahap Sijago Merah


 

PRABUMULIH, MERDEKASUMSEL.COM -- Sebuah toko handphone Polaris Jaya di jalan Urip Sumoharjo atau lebih tepatnya di kawasan Nasional Kelurahan Pasar 1 kecamatan Prabumulih Barat ludes di lahap si jago merah. 


Akibat kejadian tersebut terdapat tiga orang penghuni ruko meninggal dunia sementara dua orang lainnya selamat. Peristiwa ini terjadi pada Jumat, (08/1/2021) sekitar pukul 04.20 WIB. 


Adapun identitas korban yakni Indra (33) pemilik ruko dan 2 pegawainya Adi Saputra (18) dan Ferdi (18). Sedangkan, Siti Marni (27) istri Indra, dan anaknya berhasil selamat dan dalam perawatan medis di RSUD kota Prabumulih. 


Berdasarkan informasi ruko aksesoris yang terbakar, penyebabnya diduga konseling listrik dari lantai bawah. Korban Indra sempat menyelematkan istri dan anaknya, namun naas ketika Indra hendak ingin menyelamatkan kedua pegawai yang juga merupakan masih keluarga indra. 


Menurut keterangan warga, peristiwa kebakaran terjadi dini hari dan saat itu tetangga korban mendengar suara letusan yang diduga berasal dari Batre HP dari dalam ruko.


Lalu setelah tak lama berselang terlihat kobaran api yang berasal dari lantai 1 ruko tersebut lalu warga berusaha membuka pintu Rolling Door namun sulit terbuka. 


Zahri (30) yang merupakan tetangga korban menuturkan dirinya sekitar pukul 04.00 pulang bekerja dari Pertamina lalu mendapati banyak warga berteriak minta tolong dan banyak api dan asap mengepul dari bagian atas ruko dan lantai dua.


Melihat itu Ari dan warga lainnya berusaha mendobrak pintu ruko namun tidak bisa dan api sudah dalam keadaan membesar di dalam ruko.


Ari bersama warga lain lalu mencari pertolongan dan menuju Pertamina untuk meminta petugas pemadam kebakaran memadamkan api.


"Saya pulang sudah banyak yang jerit-jerit minta tolong, lalu saya ambil batu saya pukul ke rolling door untuk membuka tapi api saya lihat sudah besar. Lalu saya ke Pertamina mau minta bantuan pemadam kebakaran," ujarnya di lokasi kejadian.


Ari mengatakan kejadian sekitar pukul 04.00 atau sebelum azan subuh dan saat itu hujan deras tidak ada suara tersengar jeritan minta tolong dari dalam ruko.


"Hujan deras apo sudah besar, saat kejadian itu sepi belum banyak orang, kita pukul-pukul untuk dibuka tapi tidak bisa. Tadi ada kakak itu ambil gerinda untuk membuka rolling door kemudian baru terbuka tapi api sudah besar tidak ada yang bisa diselamatkan," katanya seraya mengaku dirinya tinggal di ruko sebelahan toko Polaris Jaya.


Sementara itu, Kapolres Prabumulih AKBP Siswandi SH SIk MH melalui Kasat Reskrim Prabumulih AKP Abdul Rahman mengatakan saat ini baru tiga korban yang berhasil di evakuasi. 


"Hingga saat ini tiga korban yang sudah di evakuasi, satu pemilik dan dua orang. Ketika ditemukan satu di lantai bawah dengan keadaan terbakar dan dua ditemukan di lantai dua namun kondisinya masih utuh hnya saja mungkin kekurangan oksigen, " 


"Kita masih menunggu kedatangan Labfor Polda Sumsel, untuk memastikan kebakaran ini, " Terang kasat. 


Lanjut, Kasat Reskrim mengatakan untuk kerugian atas kejadian ini diperkirakan mencapai Rp 4 miliaran. "Kerugian mencapai Rp 4 miliar, harta berdasarkan beserta gedung ini, " Pungkasnya. (FAP) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar