Launching 'Prabuku Smart City', Kadiskominfo Provinsi Sumsel : Prabumulih Kota Pertama Yang Menerapkan Pelayanan Secara Online

 


PRABUMULIH, MERDEKASUMSEL.COM -- Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meluncurkan dan meresmikan aplikasi pelayanan dan pengaduan masyarakat, swasta maupun pemerintah di gedung kesenian rumah dinas Walikota, senin (01/3/2021). 


Aplikasinya adalah Prabuku Smart City yang telah diresmikan secara langsung oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM didampingi Kepala Diskominfo Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Rizwan serta seluruh Forkopimda Kota Prabumulih dan tamu undangan lainnya. 


Dalam sambutannya, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengatakan dilakukannya launching aplikasi Pelayanan dan Pengaduan ini agar dapat memudahkan masyarakat dalam berinteraksi kepada perangkat daerah meskipun ditengah masa Pandemi Covid 19.


 "Dengan begitu kita dapat mengurangi interaksi secara tatap muka di musim covid 19 ini, lalu pelayanan kepada masyarakat bisa optimal. Jadi nggak perlu repot-repot lagi ada perlu datang ke kantor misalnya buat KTP tidak boleh kemana-mana cukup dari rumah dengan begitu tidak menimbulkan perkumpulan, " katanya 


Ridho menuturkan untuk di setiap instansi itu sudah diterapkan dua orang sebagai operator pada Dinas Dan Satu orang di kecamatan dan kelurahan. 


"Disetiap instansi siapkan tenaga operatornya kita gaji menjadi dua per dinas dan satu per Kecamatan atau kelurahan untuk menggerakkan daripada sebaik mungkin aplikasi itu," Tuturnya. 


Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Prabumulih, Drs Mulyadi Musa menerangkan aplikasi ini merupakan suatu cara untuk mengintegrasikan seluruh kegiatan yang ada di Kota Prabumulih. 


"Website telah resmi sudah ada peraturan Wako 2019 jadi itu bisa kita buka dan memang kita akan terus mengharapkan masukan dukungan dari semua elemen masyarakat artinya informasi-informasi yang ada di Kota Prabumulih kita bisa tahu, misal saudara kita ada di Bandung mau lihat apa Kondisi Prabumulih seperti pariwisatanya kulinernya rumah makannya dan juga termasuk pelayanan kepolisian kesehatan semuanya ada di situ, " ucapnya. 


Mulyadi menuturkan melalui Prabuku Smart City ini merupakan visi misi Kota Prabumulih untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. "Yang terpenting pada saat covid-19 ini kita lebih memberikan kemudahan dalam pelayanan ke masyarakat Apalagi kita kan tidak boleh berkerumun," Ujarnya


Ditambah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumsel, Rizwan mengatakan aplikasi pelayanan dan pengaduan masyarakat secara online di Kota Prabumulih ini adalah pertama kalinya di Provinsi Sumsel. 


"Ada beberapa daerah sudah menerapkan baik regulasi maupun pelaksanaannya yang termasuk salah satu Prabumulih merupakan salah satu yang tercepat yang ada di Provinsi Sumatera Selatan dan setiap yang ada di kabupaten kota Sumatera dan sesuai dengan potensi dan kondisi masing-masing jadi tidak bisa disamakan baik Kota Prabumulih maupun kabupaten kota yang lain, " pungkasnya. (FAP) 



Share:

0 komentar:

Posting Komentar