Tinjau Lapter Banding Agung, Danlanud SMH Palembang Terpukau Keindahan Alam OKU Selatan



OKU Selatan, Merdekasumsel.com – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang, Kolonel Pnb Hermawan Widhinto melakukan kunjungan ke pemerintah Kabupaten OKU Selatan, pada Selasa (9/3/2021).


Kolonel Pnb Hermawan Widhianto dan jajaran mengaku takjub dan terpukau dengan kondisi alam dan potensi yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.


“Ini perjalanan yang sangat menarik bisa sampai ke sini, alamnya indah, ini luar biasa, anugerah Tuhan yang diberikan di OKU Selatan ini,” ujarnya.


Kolonel PNB Hermawan menjelaskan dirinya bersama beberapa stafnya datang ke OKU Selatan untuk melihat aset TNI AU di OKU Selatan termasuk melihat apa saja yang bisa dilakukan baik untuk aset TNI AU, untuk masyarakat dan pemerintah daerah. 


Hal itu diungkapkannya saat melakukan audiensi bersama Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo B Com di ruang rapat terbatas Pemkab OKU Selatan.


Dalam kesempatan ini Lanud SMH Palembang menyarankan terkait keberadaan Lapangan Terbang Banding Agung agar Pemerintah lebih dahulu menguatkan apa saja yang menarik yang bisa lebih menjual untuk orang-orang datang ke OKU Selatan. 


“Apa yang bisa menjual untuk menarik orang datang ke OKU Selatan maka itu yang harus lebih dikuatkan,” ujarnya.


Lebih jauh, terkait lapangan terbang ini pihak Lanud SMH Palembang juga memiliki tim untuk mengkaji bukan hanya penerbangan tapi juga yang akan terbang ke OKU Selatan dari mana saja. 


“Apa saja yang akan didatangi di sini. Terkait aset (TNI AU) jadi intinya kami ingin membantu Pemda dan masyarakat khususnya di sekitar aset kami,” jelasnya.


Sementara itu Bupati OKU Selatan, Popo Ali menyambut baik saran dari pihak Lanud SMH Palembang dan mengajak agar pihak Lanud dapat meninjau langsung kondisi lapangan terbang Banding Agung.


"Kami sedang berjuang agar ini dapat lebih menunjang pariwisata di OKU Selatan, agar bagaimana lapangan terbang perintis ini dapat kami revitalisasi,” ujarnya.


Bupati Popo juga mengungkapkan Pemkab OKU Selatan sudah melengkapi dokumen-dokumen yang disarankan dari kementerian terkait lapangan itu.


Sementara terkait aset milik TNI AU ini, Bupati Popo meminta izin untuk sementara aset tersebut dipinjam pakai untuk kebutuhan sarana penunjang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel 2021 yang akan digelar di OKU Selatan. 


“Permintaam itu untuk jangka pendek. Untuk jangka panjang, kami berencana untuk membuka akses berupa jalur menuju Pantai Bidadari yang ada di areal wisata Danau Ranau karena sekarang jalan setapak sehingga kami berencana membuat jalan yang lebih maksimal termasuk di dalamnya ada joging track dan jalur sepeda,” tuturnya.


Bupati Popo juga sangat mengharapkan kerjasama dari Lanud SMH Palembang untuk turut berpartisipasi dalam memajukan Kabupaten OKU Selatan termasuk memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait aset milik TNI AU yang ada di OKU Selatan.


Usai melakukan audiensi, rombongan dari Lanud SMH Palembang didampingi perwakilan dari Pemkab OKU Selatan meninjau aset milik TNI AU yang terletak tak jauh dari Danau Ranau serta lapangan terbang Banding Agung.(Rel/PAN)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar