Sekda Prabumulih Hadiri Launching Dua Kelurahan di Prabumulih Yang Terpilih Sebagai Contoh Bersinar

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Demi mewujudkan wilayah Bersih dari Narkoba (Bersinar), Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Prabumulih menetapkan 2 wilayah dari Kecamatan Cambai Kota Prabumulih sebagi pilot projectnya BNN untuk Desa Bersinar.


Diketahui dua wilayah tersebut adalah Desa Pangkul dan Kelurahan Sungai Medang,yang launching Desa Bersinar dilakukan di Pangkul. Pada saat peresmian ditandai pemukulan gong oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Irjen Pol. Djoko Prihadi SH disaksikan Sekda, Elman ST MM dan Kepala BNN, AKBP Ridwan SH, Rabu (30/6/2021).


Dalam sambutannya, Irjen Djoko mengatakan, dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) penting sekali punya komitmen dan tekad yang tinggi.


“Pada peringatan HANI sudah jelas Wakil Presiden KH Maruf Amin telah mencanangkan, Desa Bersinar merupakan ujung tombak pemberantasan narkoba,” sebutnya.


Lanjut Jenderal Polisi yang pernah berdinas di Polsek Prabumulih Timur ini, Pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) No.2/2021 tentang aksi menyeluruh perang terhadap narkoba dari Pusat ke daerah.


“Terbitnya Inpres itu, patut diapresiasi Prabumulih langsung respon dan telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwako) sebagai upaya P4GN,” terangnya.


Pesannya, pembentukan Desa Bersinar ini harus didukung struktur dan program tentunya. Dan program pembiayaan masuk anggaran APBD hingga APBDes.


“Diawal ini Desa Pangkul dan Sungai Medang, harapan kita desa lain ikut menjadi desa bersinar,” ucapnya.


Lebih jelas,jika semua desa di Kota Nanas ini menjadi Desa Bersinar. Jelas mempuyai ketahanan terhadap narkoba, sebagai modal modal melawan dan perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba.


“Dua desa ini,memang menjadi pilot project BNN. Kita upayakan, ke depan seluruh desa menjadi Desa Bersinar,” tungkas Irjen Pol Djoko.


Sementara, Kepala BNNK Prabumulih AKBP Ridwan SH menjelaskan, terima kasih atas dukungan dan fasilitas Pemkot dalam pelaksanaan P4GN dilakukan Pemkot. “Terbitnya regulasi Pemkot, jelas sangat mendukung kegiatan Desa Bersinar. Dalam rangka perang melawan narkoba ini,” imbuhnya.


Lebih jauh, perang terhadap narkoba diawaki BNN tetap masive. Mulai dari penyuluhan atau sosialisasi, rehabilitasi, dan pemberantasan. “Dengan Desa Bersinar ini, harapan kita bisa memutus mata rantai penyalahgunaan dan peredaran narkoba di desa,” tandasnya.


Di lain kesempatan, Sekertaris Daerah (Sekda) Elman ST,. MM sangat mengapresiasi langkah BNN melakukan pendekatan promotif, preventif dan lainnya.


“Salah satunya, dicanangkan Desa Bersinar dan Kampung Tangguh Narkoba di Desa Pangkul ini. Ini adalah bentuk sinergi melawan peredaran gelap narkoba,” ujar Elman.


Kegiatan ini, tukasnya harus terus dilanjutkan sehingga pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba bisa dioptimalkan dan maksimalkan lagi. “Sehingga, penyalahgunaan dan peredaran narkoba bisa terus ditekan di Bumi Seinggok Sepemuyian ini,” terang Elman. (Ril/FAP) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar