Ponpes Al Ittifaqiah Wisuda Santri Hafidz Al Quran

 




OKU Selatan, Merdekasumsel.com - Meski baru satu tahun, pondok pesantren (Ponpes) Al-Ittifaqiah Indralaya kampus Kuripan Kecamatan Tiga Dihaji Kabupaten OKU Selatan, telah menorehkan berbagai prestasi gemilang.

Tidak hanya menelorkan santri/santriwan yang sudah pandai ceramah agama dalam berbahasa Arab dan Inggris, ponpes ini juga telah memiliki santri/santriwan yang hafids Al Quran.

Sedikitnya lima santri/santriwan yang telah hafidz Al Quran telah di wisuda pada acara Haplah dan HUT ke 1 Ponpes Al Ittifaqiah Kampus Kuripan, pada Senin (14/6/2021) kemarin.

Wisuda ini dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Al Itifaqiah Indralaya KH Joni Rusli Spd disaksikan langsung oleh Mudir Drs KH Mudrik Qori MA, Camat Tiga Dihaji Inada SPd dan pihak Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan.

"Alhamdulillah walau baru satu tahun berjalan, kita telah berhasil mendidik santri/santriwan hafidz Al Quran yang langsung di wisuda dan diberi piagam," ujar Direktur Al Itifaqiah Indralaya Kampus Kuripan, Ilhamudin MHum.

Menurut Ilhamudin, keberhasilan santri/santriwan ini tidak terlepas dari kegigihan para santri dalam kedisiplinan mengikuti pendidikan di ponpes. Kedepannya, dia berharap akan bertambah lagi para santri yang hafidz Al Quran tersebut.


Tidak hanya hafidz Al Quran, sepanjang masa setahun ini pihaknya telah memiliki santri yang pandai ceramah berbahasa Arab dan Inggris. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kurikulum pendidikan yang mengacu pada kurikulum Al Itifaqiah pusat di Indralaya Ogan Ilir.

Ilhamudin menambahkan, ponpes ini juga tidak hanya menjalankan pendidikan formal semata, akan tetapi sejak tiga bulan terakhir juga membuka pendidikan non formal. ‘"Kita telah membuka pendidikan TK/TPA bagi santri yang ingin belajar mengaji," jelasnya.

Lebih lanjut Ilhamudin menuturkan, untuk tahun ajaran baru kedepan Ponpes Al Itifaqiah telah membuka pendaftaran bagi siswa baru. "Alhamdulillah sudah 109 orang yang mendaftarkan diri walau baru dibuka. Jumlah ini mudah2an akan terus bertambah hingga ditutupnya pendaftaran nanti," tegasnya.

Sementata itu, Mudir Al Ittifaqiah Indralaya Drs KH Mudrik Qori MA mengapresiasi keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai oleh Al Ittifaqiah Kampus Kuripan. Atas keberhasilan itu, diharapkan akan menjadi salah satu ponpes yang maju dan lebih unggul di Kabupaten OKU Selatan.

"Sebagaimana Al Ittifaqiah Induk di Indralaya yang unggul dan nomor satu di Sumatera Selatan begitupun Al Ittifaqiah Kampus Kuripan," ungkapnya.

Lebih jauh Mudrik menceritakan, jejak keberhasilan Al Ittifaqiah induk Indralaya dari tahun 1999 menjadi salah satu dari 40 ponpes se-Indonesia yang telah diakui oleh Kementerian Agama Indonesia. Dan pada 2015, masuk dalam 20 besar pesantren berpengaruh di Indonesia.

Selanjutnya pads 2017 mendapat anugerah sebagai ponpes nomor satu dan paling unggul di Sumatera Selatan. "Dan baru-baru ini Kanwil Kementerian Agama juga memberi anugerah sebagai ponpes inovatif," tutupnya.(05)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar