Sekda Prabumulih Awasi Langsung Kegiatan Tes Urine Ribuan Ribuan ASN Pemkot Prabumulih

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Prabumulih, melakukan tes urine mendadak terhadap ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Pegawai Harian Lepas (PHL), Kamis (30/6/2022).


Kegiatan tes urine itu dilakukan secara mendadak sekitar pukul 09.00 WIB. Seluruh ASN yang berkantor di gedung lantai 8 Pemkot Prabumulih, satu persatu menjalani tes urine yang digelar di setiap lantai gedung tersebut dengan diawasi langsung oleh Sekda Kota Prabumulih, Elman ST MM didamping Plt Kepala BNK Kota Prabumulih, Kompol Yawardiman SAg.


Sekda Kota Prabumulih, Elman ST MM mengatakan tes urine tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih dalam memerangi peredaran narkoba.


“Tujuannya agar ASN di Kota Prabumulih ini bebas dari narkoba,” ungkap Elman seraya mengatakan Pemkot Prabumulih telah menjalin kerjasama dengan BNK dalam pemberantasan dan pencegahan peredaran gelap narkoba di Kota Prabumulih.


Ketika ditanya apa sanksi bagi ASN yang urinenya dinyatakan positif mengandung zat aditif, Elman menegaskan pihaknya akan memberikan sanksi bagi ASN, PPPK maupun PHL apabila dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba.


“Sanksinya sesuai aturan mulai dari teguran, penundaan kenaikan pangkat, penurunan pangkat hingga sanksi berat berupa pemberhentian (dipecat),” tegas mantan Kepala Bappeda tersebut.


Sementara itu, Plt Kepala BNN Kota Prabumulih, Kompol Yawardiman SAg MM menyebutkan penyelenggaraan tes urin ini merupakan wujud komitmen dari Pemkot Prabumulih sesuai instruksi presiden.


Ia menuturkan, dalam persiapan kegiatan tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Prabumulih untuk menggunakan sebanyak 1500 stik alat tes urine terhadap ASN tersebut.


Disinggung mengenai hasil tes urine, Kepala BNN menuturkan pihaknya belum menemukan yang terindikasi positif narkoba. “Sejauh ini belum ada, tapi inikan masih berjalan nanti hasilnya setelah selesai. Hasil tes urine ini akan kampi sampaikan kepada user yaitu pak Walikota dan Sekda,” pungkasnya. (FAP) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar