Kadis Kominfo Prabumulih : Masyarakat Yang Punya KTP Bisa Update Menjadi KTP Digital Juga

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Terus tingkatkan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Prabumulih lakukan jemput bola dalam pengaktivasian KTP Digital bagi pegawai Dinas Kominfo Prabumulih, Jumat (14/04/2023).


Program KTP Digital itu pun tampak mendapat respon positif dari para pegawai Dinas Kominfo saat itu. Bahkan, Kepala Dinas Kominfo, Drs Mulyadi Musa MM, menjadi yang pertama melakukan pengaktivasian KTP Digital di handphone pribadinya. 


"Ini kan pengupdatean data khususnya kependudukan dari KTP yang manual ke KTP Digital. Yang mana ini dilakukan melalui aplikasi dari Kementerian Dalam Negeri yang di instal di masing-masing handphone kita setelah didownload dari Playstore. Kemudian kita login dengan NIK kita, nanti data-data kita dalam satu Kartu Keluarga itu bisa terpantau langsung dari HP kita. Jadi KTP Digital ini memudahkan kita, apalagi untuk perjalanan, karena kalau butuh KTP langsung cek dari HP kita saja, bahkan KTP satu keluarga kita bisa dilihat," Akunya usai berhasil melakukan aktivasi KTP Digital miliknya.


"Dan Ini (pengaktivasian KTP Digital, red) tidak sulit. Karena kalau ada kendala pihak Disdukcapil bisa jemput bola, karena memang ada yang harus discan barcode dari pihak Disdukcapil untuk verifikasinya," Terang Mulyadi saat itu.


Ditanya sudah berapa banyak pegawai Kominfo yang menerapkan KTP Digital tersebut, dijelaskannya, karena kegiatan ini baru dimulai pagi hari ini di Kominfo jadi untuk pegawai kominfo yang menerapkan baru sekitar 30 persen yang sudah proses pendaftaran saat ini. 


"Tapi ini kan bukan hanya untuk pegawai kominfo saja tapi ini untuk seluruh masyarakat khususnya yang punya KTP itu bisa, dan kita harap seluruh masyarakat khususnya warga Prabumulih ini ikut melaksanakan proses transisi dari KTP Manual ke KTP Digital dihandphone mereka masing-masing,"kata pria lulusan IPDN ini seraya menyebutkan karena ini dijamin keamanannya. 


Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Prabumulih, Haryadi, melalui Kabid Pelayanan Dan Pendataan Penduduk Nodirullah, mengatakan program KTP Digital ini sudah berjalan kurang lebih 1 tahun dan ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat kalau sewaktu-waktu membutuhkan KTP atau data keluarga secara cepat.


"Selamo ini masyarakat menyimpan KTP itu didalam gerobok, jadi kalau butuh KTP atau KK itu nak buka gerobok dulu. Nah, dengan ado KTP digital ini dak perlu lagi nak buka-buka gerobok. Tinggal buka HP data kito samo keluargo kito tampil. Dan KTP Digital ini 99 persen akurat, dan jadi lebih efisien. Serta keamanannya juga terjaga karena tidak bisa di screenshoot KTP kita didalam aplikasinyo," Tukasnya. (FAP) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar