Hasil Panen Melimpah, PJ Wako Prabumulih Himbau Masyarakat Agar Dapat Manfaatkan Perkarangan Rumah Menjadi Lebih Produktif

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com — Penjabat Walikota Prabumulih H Elman ST didampingi Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Prabumulih Hj Windriana Elman menghadiri kegiatan panen ikan lele budidaya ikan sistem bioflok di Pokdakan Usaha Mandiri Barokah Kelurahan Sungai Medang Kecamatan Cambai, Selasa (20/02/2024).



Hal tersebut merupakan salah satu Inovasi dalam dunia budidaya ikan terus berkembang, dan metode budidaya ikan lele dengan sistem bioflok menjadi tren terkini bagi warga Kota Prabumulih.



Metode ini telah sukses diterapkan oleh Kelompok Pokdakan Usaha Mandiri Barokah, yang berlokasi di Kelurahan Sungai Medang Kecamatan Cambai. Mereka tidak hanya mencetak panen melimpah, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dengan sistem yang ramah lingkungan.



Bioflok ini merupakan bantuan dari Kementrian Perikanan dan Kelautan RI sebanyak 10 bioflok dan sudah siap panen hampir 500 kilo ikan lele.



Pj Walikota Prabumulih, H Elman ST dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya melihat keberhasilan masyarakat disini, dengan keberhasilan mengembangkan budidaya lele dan berharap keberadaan Pokdakan Usaha Mandiri Barokah dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain untuk mau melakukan aktifitas serupa.



“Kami dari pemerintah selalu siap memberikan dukungan, terutama pendampingan dari penyuluh yang sangat paham dengan sistem budidaya, termasuk dengan bioflok yang memanfaatkan lahan terbatas,” katanya.



Lanjut, Elman menuturkan dengan metode bioflok ini tentunya yang diuntungankan adalah masyarakat sehingga tidak perlu jauh membeli ikan kepasar, melihat jarak antara kelurahan sungai medang cukup memakan waktu untuk ke pasar prabumulih. 



“Ini sudah lima kali panen, jadi memang hal ini yang kita terus lakukan ke masyarakat untuk perekonomian mereka agar lebih stabil. Karena pakan ikan ini kan sedikit mahal, makanya dari situ peran pemerintah akan berupaya bagaimana dengan anggaran kita untuk bantu bantuan mesin pembuat pakannya,” ujarnya.



Lebih lanjut, Pria yang pernah menjabat sebagai Sekda Prabumulih ini menyampaikan kalo lahan ini masih luas masih bisa ditanamkan seperti bawang, kan itu juga sangat bermanfaat masyarakat juga tidak perlu jauh kepasar untuk beli bawang dan juga dapat menghemat waktu. 



“Kita juga terus memberikan informasi kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan halaman mereka, apalagi harga cabai lagi meningkat, selain itu juga yang menyangkut kebutuhan kita sehari hari bisa ditanam,” Harapnya. (FAP)



Share:

0 komentar:

Posting Komentar