PKK Republik Indonesia Pokja 4 Akui Kota Prabumulih Bersih


* Optimis Prabumulih Juara Lomba PHBS Tingkat Nasional

 PRABUMULIH
- Tim Penggerak (TP) PKK Republik Indonesia Pokja IV yang merupakan juri penilai lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Nasional, melakukan penilaian di kota Prabumulih, pada Jumat (5/4/2019).

Kedatangan tim yang dipimpin dr Rien Yuniantari dan Kasi Penyebarluasan Informasi Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, Theresia Irawati SKm MKes itu disambut langsung Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM bersama Ketua TP PKK Prabumulih, Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu dan wakil, Hj Reni Indayani Skm.

Hadir juga dalam penilaian tersebut yakni Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya.


TP PKK Republik Indonesia Pokja IV, Dr Rien Yuniantari mengaku kota Prabumulih kota yang bersih, warganya senang dan bahagia serta program pemerintah sejalan dengan prilaku hidup bersih dan sehat.

"Kita lihat bersih dan warganya saat kita temui wajahnya riang gembira dan ramah, itu tandanya sehat dan bahagia," ujarnya.


Dokter spesialis Radiologi itu menambahkan, dengan adanya lomba PHBS itu pihaknya berharap dapat memacu masyarakat untuk menerapkan hidup bersih serta menciptakan generasi muda yang sehat dan berprestasi.

"Prabumulih sebagai nominator sudah menjadi kebanggaan, harapan kita nantinya daerah yang menjadi penilaian PHBS tidak hanya di daerah itu saja tapi bisa menularkan virus yang baik ke daerah lain," katanya.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengaku pihaknya optimis kota Prabumulih menjadi juara pertama lomba PHBS tingkat nasional terlebih lagi tidak hanya terus melakukan kegiatan kebersihan namun pemerintah mendukung program kesehatan dengan membangunkan warga miskin rumah baru.

"Percuma kita berprilaku sehat kalau rumah bocor dan lantai tanah, untuk itu selain menggalakkan hidup sehat degan pungut sampah tiap minggu, pemerintah kota Prabumulih juga membangun rumah warga yang tak layak huni. Dengan demikian tidak hanya prilaku sehat dan bersih, tapi lingkungan bersih serta rumah layak huni," bebernya.

Ridho mengatakan, saat ini program kesehatan dilakukan ke rumah warga, dimana warga yang sakit cukup menghubungi maka dokter akan datang begitu juga untuk anak khitanan. "Jika di daerah lain sering mengadakan jalan santai, kita berkolaborasi dengan aksi pungut sampah tiap minggu dan senam serta membersihkan lingkungan tiap jumat," bebernya.

Sama disampaikan Wakil Ketua TP PKK Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya juga mengaku pihaknya optimis kota Prabumulih mendapat juara satu dalam lomba PHBS disebabkan wilayahnya bersih dan setiap minggu dilakukan aksi pungut sampah dikomandoi langsung oleh Walikotanya.


"Wilayah kita tak jauh dari wilayah lain, kita optimis menang dan harapan kedepan virus baik ini menular ke seluruh penjuru Sumsel yang menerapkan prilaku hidup sehat dan bersih," katanya.(Adv/FAP)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar