Siapkan Lahan Seluas 20 Hektar, Prabumulih Akan Didirikan Lapas Terbesar Se-Sumatera




Prabumulih, Merdekasumsel.com - Rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) terbesar di Indonesia oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) di Desa Tanjung Telang kota Prabumulih, sepertinya akan segera terrealisasi.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumsel, Dr H Sudirman D Hury SH MM MSc meninjau langsung lokasi rencana pembangunan lapas terbesar. 

Pada waktu lalu Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM bersama jajaran melakukan paparan didepan pihak dirjen pemasyarakatan, pada Rabu (24/7/2019).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumsel, Dr H Sudirman D Hury SH MM MSc menjelaskan, usulan pemerintah kota Prabumulih untuk membangun lapas terbesar telah disampaikan bersama Dirjen PAS.

"Kita bersama walikota telah duduk besama dengan Dirjen Pemasyarakatan untuk membicarakan usulan itu dan sudah ada sinyal baik, kita tinggal menunggu berkas hibah dari pemerintah untuk kemudian kita usulkan dan tinggal menunggu realisasinya saja,"jelasnya.

Lanjutnya, jika pemerintah telah menghibahkan lahan ke pihaknya baru usulan pembangunan lapas terbesar bisa disampaikan ke Dirjen PAS dan kementerian namun jika belum maka rencana tersebut tidak bisa dilakukan.

"Menjadi syarat lahan sudah dihibahkan, kita apresiasi pemerintah kota Prabumulih telah menyiapkan lahan bagus seluas 15 hektar lebih. Ini tentu nantinya akan diperuntukkan untuk membantu program pemerintah dalam menanggulangi over kapasitas seluruh lapas dan rutan khususnya di wilayah Sumsel ini,"ungkapnya

Disinggung bagaimana hasil pihaknya meninjau lokasi disiapkan Pemkot Prabumulih, Sudirman mengaku sangat setuju karena berada di lokasi yang strategis menghubungkan dua Kabupaten dan kota serta akses mudah dijangkau.

"Kita lihat juga pemerintah kota Prabumulih telah mengecor beton jalan di depan tanah, ini sangat bagus sekali dan kita puas. Kita lihat pemerintah kota Prabumulih sangat serius untuk usulan lapas terbesar di Sumatera ini," katanya.

Sementara itu, Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Elman ST MM menyatakan Pemkot Prabumulih telah menyiapkan lahan kurang lebih seluas 10 sampai 20 Hektar untuk pembangunan Lapas terbesar itu.

"Dari Pemkot Prabumulih sendiri intinya kita siap. Apalagi mempersiapkan hibah lahan untuk lembaga binaan ini. Untuk lahan yang sudah disiapkan ini ada lebih kurang seluas 10 hingga 20 hektar," katanya.

Sekda menegaskan untuk penyerahan berkas hibah lahan tersebut akan disiapkan pihaknya dalam waktu satu minggu kedepan. 

"Untuk penyerahan berkas hibah lahan ini juga kita akan siapkan dalam waktu satu minggu kedepan,"jelasnya.(FAP) 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar