Akses Jalan Wisata Danau Ranau Terganggu Selama 14 Jam Akibat Longsor


OKU Selatan, Merdekasumsel.com - Akses jalan wisata Villa Pusri menuju Dermaga Banding Agung sempat terganggu akibat tanah longsor yang terjadi tepatnya di desa Surabaya Timur Selasa (28/01/2020).

Material longsor berupa tanah dan pepohonan dan semak dengan ketebalan mencapai 2 meter dan panjang 20 meter menimpa kebadan jalan sempat lumpuh selama 14 jam, akibat guyuran hujan lebat Senin malam.

"Iya benar, kejadian tadi malam sekitar pukul 21.00 WIB, hingga pukul 11.00 WIB siang telah berhasil dibersihkan,"ujar Kepala BPBD Dony Agusta SKM, MM, Selasa (28/01/2020) siang.

Membersihkan material longsor tersebut petugas BPBD OKU Selatan, masyarakat setempat dan TNI Polri bergotong royong dengan menurunkan satu unit alat berat milik warga setempat sehingga akses jalan kembali normal sekitar pukul 11.00 WIB.

Selain itu tanah longsor berdampak pada 2 unit tiang listrik mengalami roboh serta 4 unit tiang lainnya dengan kondisi darurat membahayakan dengan kabel menjuntai serta penerangan kelistrikan juga terganggu.
"Ada dua unit tiang listrik yang roboh akibat longsor tersebut, sekarang sudah bisa dilewati tidak menghambat wisatawan ke Danau Ranau,"ujar Herman warga Banding Agung.

Demikian untuk keamanan sementara selama perbaikan dilokasi pengunjung wisatawan sudah dapat menuju ke Vila pusri ataupun mengunjungi air terjun subik tuha melewati jalan Provinsi mengingat akses jalan yang terkena berada di jalan pinggiran Danau Ranau.

Terpisah Kepala PLN Rayon Muaradua Agus Purwono di konfirmasi mengatakan pihaknya telah mengerahkan semua tim untuk kerusakan tiang listrik yang roboh.
"Iya ada beberapa tiang listrik yang rusak dan roboh, tetapi mudah-mudahan malam sudah selesai karena semua tim turun kelokasi,"ujar Agus.(PAN)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar