Universitas Sumatera Selatan Dan PWI Sumsel Jalin Kerjasama


PALEMBANG, Merdekasumsel.com -- Untuk memperkuat kerjasama perguruan tinggi dan organisasi profesi, Universitas Sumatera Selatan (USS) langsung tancap gas kerjasama dengan sejumlah lembaga penting. Universitas berkonsep Entrepreneur University ini, Kamis (25/6/2020), resmi menandatangani kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan. Kerjasama ini saling menguntungkan kedua belah pihak antara lain dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat), serta meningkatkan profesionalisme profesi.  

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, MSc, PhD, diwakili Plh. Rektor Dr. Ir. Leila Kalsum, MT, dan Ketua PWI Sumsel H. Firdau Komar, S.Pd, M.Si, di Aula Kampus A USS Jl. Letnan Murod, Talang Ratu, Km. 5 Palembang. Hadir mendampingi Ketua PWI Sumsel, Wakil Ketua PWI Sumsel yang juga sesepuh PWI Anwar Rasuan, Sekretaris PWI Sumsel Dwitri Kartini, SE.Ak, Wakil Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga Zulhanan, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Icuk M Zakir, MSi, Seksi Bidang Pendidikan Maspril Aries, MSi, serta tim lainnya.

Sementara dari Pihak USS, hadir mendampingi Plh. Rektor, antara lain Wakil Rektor II USS Wiwiek Widharti, SE.Ak, MCom, para Dekan, Kepala Humas dan Marketing USS H. Agus Srimudin, S.Pd.I, M.I.Kom, para Kepala Biro, Para Ka.Prodi, serta para dosen dan civitas akademika USS. 

Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, MSc, PhD, melalui Plh.Rektor USS Dr. Ir. Leila Kalsum, MT, mengatakan USS menyambut baik kerjasama antara USS dan PWI Sumsel. Sebab, lembaga perguruan tinggi dan organisasi profesi wartawan penting dijalin kerjasama dalam rangka sama-sama ikut membangun bangsa. “Sinergi kedua lembaga, antara perguruan tinggi dan organisasi profesi sangat penting. Untuk teknis akan kita tindaklanjuti dalam program bersama,” ujar Leila.

Ketua PWI Sumsel H. Firdaus Komar, S.Pd, M.Si mengatakan, kerjasama kedua belah pihak adalah kerjasama saling menguntungkan alias simbiosis mutualisme. “Banyak yang bisa kita kerjasamakan, antara organisasi profesi wartawan dengan perguruan tinggi. Kita berharap kerjasama ini akan berdampak positif bagi kedua belah pihak,” ujar Firdaus. 

Rektor pertama USS Prof. dr. H. Mahyuddin Ns, SpOG(K) menyambut baik kerjasama USS dan PWI Sumsel, terlebih USS mengusung konsep Entrepreneur University yang dapat diberdayakan bersama organisasi profesi PWI Sumatera Selatan. “Kerjasama ini amat penting. Saya senang ada kerjasama ini, sebab dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia dan profesionalisme wartawan. Silakan apa saja yang bisa kita kerjasamakan nanti ditindaklanjuti,” ujar mantan Gubernur Sumsel yang juga mantan Ketua Komisi X DPR RI itu. 

Prof. Mahyuddin menambahkan, semua Prodi di USS memiliki keunggulan, sebab konsep perkuliahan diarahkan kepada pendidikan dan menyiapkan mahasiswa yang berjiwa Entrepreneur, mandiri, dan siap bekerja bahkan menciptakan lapangan kerja. 

Rektor USS Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, M.Sc, PhD, sebelumnya mengatakan, USS sangat bangga dengan kerjasama ini. Bahkan, USS siap bekerjasama dalam banyak hal untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa. Yudha juga mengatakan, USS saat ini tengah melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021. Tahap awal USS menerima mahasiswa baru untuk empat fakultas dengan lima Program Studi (Prodi). 

Empat Fakultas tersebut ialah Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Fakultas Ilmu Komputer (Ilkom), Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Pertanian. Lima Prodi, semua jejang Strata Satu (S.1) yang buka pendaftaran mahasiswa baru ialah Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Komputer, Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Perikanan, dan Prodi Agribisnis. 

Untuk pendaftaran mahasiswa baru digratiskan biaya pembangunan. Tempat perkuliahan USS memiliki tiga kampus, Kampus A di Jl. Letnan Murod, Talang Ratu, Km. 5 Palembang, Kampus B di Graha Bunda Jl. Jend. Sudirman Km. 4 Palembang, dan Kampus C di area RS Bunda Medika, Jakabaring. Biaya pendaftaran calon mahasiswa baru dan biaya kuliah per semester sangat terjangkau.  

“Universitas Sumatera Selatan (USS) diasuh oleh tenaga-tenaga profesional para Doktor dan puluhan Magister. USS melakukan kolaborasi yang apik antara akademi dengan entrepreneurship, sehingga kita meyakini alumni-alumni USS ke depan bisa diandalkan, baik ketika membuka perusahaan sendiri maupun ketika bekerja di perusahaan-perusahaan masyarakat, mereka akan menjadi karyaawan-karyawan yang dapat diandalkan dan memiliki jiwa entrepreneur mind,” kata Rektor USS, Yudha Pratomo Mahyuddin, Ph.D. 

“Untuk meningkatkan pengembangkan kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, USS juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dan mitra, antara lain telah menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan Universitas Sriwijaya (UNSRI). Prodi-prodi yang berkaitan dapat melakukan kerjasama lebih lanjut,” kata mantan Ketua HIPMI Sumsel itu.

Ketika penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) USS dan UIN Raden Fatah di Hotel Aryaduta Palembang beberapa waktu lalu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. HM. Sirozi, MA, Ph.D mengatakan bahwa USS memiliki modal dan semangat luar biasa. “USS ini saya kira mulai dengan modal, capital, dan semangat luar biasa. Walau usianya masih muda, tetapi program-programnya sudah mulai berjalan, ditambah lagi proyeksi pengembangan sarana dan prasarana yang juga luar biasa,” kata Prof. Sirozi, Ph.D.

Dalam MoU antara USS dengan UIN Raden Fatah di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang beberapa waktu lalu, hadir juga Ketua Yayasan P4SS dr. Hj. Halipah Mahyuddin, Sp.THT, MM, beserta jajaran Pimpinan USS, begitu pula dari pihak UIN Raden Fatah, turut mendampingi Rektor UIN, semua Wakil Rektor UIN Raden Fatah Palembang.

Sebelumnya, USS juga telah menjalin kerjasama dengan Universitas Sriwijaya (UNSRI), yang ditandatangani langsung oleh Rektor UNSRI Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE dan Rektor USS pertama, Prof. dr. H. Mahyuddin Ns, SpOG(K). Kerjasama dalam berbagai bidang, termasuk penerimaan mahasiswa baru dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Ril/FAP) 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar