Kunjungi KWT GIB, Lurah Patih Galung : Pengembangan dan Pengelolaan Perlu Dicontoh


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Team Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat yang di pimpin langsung oleh Lurah Patih Galung Sofyan Hadi SH didampingi Ketua TP-PKK Kelurahan Patih Galung Yetti Pijayanti beserta jajaran mengunjungi Kawasan Lahan Kelompok Wanita Tani (KWT) 'Swadaya' di Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kecamatan Prabumulih Timur, Kamis (09/07/2020).

Kunjungan TP PKK Kelurahan Patih Galung tersebut bertujuan untuk bersilaturahmi sekaligus mengembangkan informasi pengetahuan tentang konsep yang di terapkan, pengembangan dan pengelolaan di lahan KWT Swadaya Kelurahan Gunung Ibul Barat.

"Kita hari ini mengajak ibu-ibu TP PKK Kelurahan Patih Galung ke Lahan KWT Kelurahan Gunung Ibul Barat untuk bertukar informasi seputar kawasan KWT, atau istilahnya mencontoh apa yang menurut kita bagus di sini, akan kita terapkan juga di lahan KWT Kelurahan Patih Galung," ucap Lurah Patih Galung, Sufyan Hadi SH kepada wartawan.

Ia menilai, kawasan Lahan KWT Kelurahan Gung Ibul Barat sudah cukup baik untuk di jadikan contoh, karena di kawasan tersebut sudah memuhi konsep lahan pertanian namun seperti taman tempat wisata.

"Inovasi yang di terapkan di lahan KWT Kelurahan GIB ini patut kita contoh, karena gebrakan seperti ini belum ada di kelurahan lain di Kota Prabumulih. Di sini kita bisa lihat, ada budi daya ikan, ayam sayur mayur, buah, dan tanaman toga yang di tata dengan sedemikian rupa sehingga terlihat seperti tempat wisata,"

"Jadi, informasi yang kita lihat bagus di sini akan kita contoh, dan akan kita terapkan di lahan KWT di kelurahan Pati Galung. Karena dengan kita berkunjung ke sini, menset di kawasan KWT kita juga harus di rubah, karena kita lihat KWT itu bukan sekedar menanam namun juga harus terlihat seperti taman seperti yang terlihat di sini. Jadi punya daya tarik tersendiri dan bertanam juga tidak jenuh," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto AMd mengucapkan terima kasih kepada Lurah Kelurahan Patih Galung beserta ibu Lurah sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Patih Galung beserta tim yang berkunjung di kawasan hatinya PKK Kelurahan Gunung Ibul Barat.

"Dengan adanya mereka berkunjung, kita bisa saling berbagi ilmu ataupun belajar bersama, karena di sini juga kita baru dibentuk dan pastinya masih banyak kekurangan. Untuk itu di sini kita berbagi informasi agar kawasan KWT di kelurahan kita masing-masing akan lebih baik lagi kedepannya," katanya.

Arif menuturkan jika konsep Kawasan KWT di Kelurahan GIB tersebut memang terinspirasi dari sebuah taman wisata yang di terapkan ke dalam sebuah lahan pertanian.

"Jadi di sini tidak hanya menerapkan sebuah lahan pertanian, namun di sini kita juga bisa berekreasi seperti di taman pada umumnya, biarpun belum sepenuhnya, tapi kita akan terus berinovasi untuk memajukan kawasan KWT ini dan alhamdulilah kita sempat menjuarai kawasan hatinya PKK se-Kota Prabumulih," ucapnya.

Lebih lanjut, suami dari Hana Monica selaku Ketua TP PKK Kelurahan GIB itu mengajak seluruh Kelurahan ataupun seluruh wilayah di Kota Prabumulih untuk dapat membentuk kelompok-kelompok tani ataupun kelompok wanita tani agar sama-sama mengaktifkan ketahanan pangan keluarga.

"Dengan penguatan ketahanan pangan dapat mensejahterakan masyarakat, untuk itu ayo kita manfaatkan lahan lahan kosong untuk bercocok tanam Sayur mayur, Tanaman Toga dan berbudiya ikan atau lain sebagainya. Manfaatnya akan kita rasakan sendiri, dengan adanya semua itu kita dapat memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari tanpa bersusah payah pergi ke pasar untuk membeli," pungkasnya.(FAP/MS)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar