HEBOH, WARGA DI OGAN KOMERING ULU SELATAN TEMUKAN BONGKAHAN EMAS

 


OKU Selatan, Merdekasums.com - Warga dihebohkan dengan penemuan bongkahan dan bijih emas murni oleh Asman (30) di aliran Sungai Are, Desa Ujanmas, Kecamatan Sungai Are, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, Sabtu (6/11/2021)

Di kutip dari berbagai sumber, Asman mengatakan  jika emas tersebut ditemukan mengalir terbawa arus sungai dan mengendap di bebatuan.

"Biji emas ukuran kecil bahkan berbentuk bongkahan terlihat jelas di antara bebatuan," ujarnya.

Biji-biji emas itu ditemukan berawal dari aktifitas pengerukan pasir dan bebatuan kali menggunakan alat berat sehingga emas keluar ke permukaan sungai.

Asman  juga mengatakan keberadaan kandungan emas di sungai tersebut sudah diketahui sejak lama dari generasi sebelum mereka dan aktivitas pelimbangan manual pun sudah berlangsung sejak lama.

"Namun seiring berjalannya waktu aktivitas tersebut berhenti karena emas tersebut mulai jarang ditemukan," katanya.

Namun semenjak emas tersebut ditemukan kembali warga sekitar mulai melakukan aktivitas melimbang kembali. Sutarman (40), menambahkan, ketika emas sulit ditemukan mereka bahkan melakukan penyelaman untuk mencari emas tersebut.

"Banyak sekali emas di sungai kami ini. Tidak terlihat dipermukaan kami cari hingga kedasar. Ketika ada aktivitas pengerukan emas itu keluar lagi," ungkapnya.

Cukup dilimbang menggunakan alat sederhana seperti kuali yang lebar atau alat khusus yang dibuat dari kayu. Prosesnya sama seperti masyarakat umum mencari emas. Pasir bercampur batu-batu sungai diambil beberapa lalu diputar-putar dalam kuali dengan sedikit air hingga menemukan adanya. 

Meski demikian, warga sekitar belum mengetahui betul kandungan emas yang mereka temukan tersebut, sebab selama ini belum ada riset atau uji laboratorium.

"Cenderung ramai untuk mencarinya saja. Maka kami berharap ada riset kandungan emas ini sehingga dapat menjadi penambah penghasilan bagi masyarakat di sini," tutupnya (Sis)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar