Hadiri Sosialisasi Kegiatan Pemboran Sumur PMB-P20 Oleh PHRZ 4, Wawako Prabumulih : Berdayakanlah Tenaga Kerja Lokal

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH menghadiri sosialisasi kegiatan pemboran sumur PMB-P20 oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 4 di wilayah Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat.


Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH dalam sambutannya secara tegas meminta Pertamina berdayakan warga setempat untuk isi kebutuhan tenaga unskill serta mendukung dengan adanya pengeboran yang akan dilakukan.


"Pada prinsipnya Pemerintah akan selalu mendukung terkait adanya pengeboran ini ( sumur minyak, red) karena ini juga membantu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Prabumulih melalui Dana Bagi Hasil (DBH) Migasnya. Makanya kita juga tadi sempat minta hitung ulang juga berapa DBH pastinya untuk Prabumulih. Kemudian, sebelum pelaksanaan pengeboran, melalui sosialisasi ini kita harap pertamina menyampaikan kepada masyarakat terkait apa-apa saja dampak dari pengeboran ini. Karena jangan sampai disini saja mudah-mudah tapi nanti setelah diujung pahit, sebab kita sudah berpengalaman dengan BGP kemaren, manis-manis dipangkal diujungnyo pahit, bahkan masyarakat yang terdampak ada yang masih belum menerima," kata Wakil Walikota Prabumulih, Selasa (29/8/2023).


Fikri menuturkan pada prinsipnya Pemerintah dukung tapi masyarakat jangan sampai dirugikan. "Jadi mereka silahkan data dulu rumah-rumah warga ataupun fasilitas umum lainnya yang berada disekitar sumur itu nanti, serta dari Dishub juga menyampaikan saat moving alat nanti itu mereka tidak boleh menggunakan jalan raya. Karena alat rig itu kan besar-besar, dan mereka menyampaikan mereka akan membuka lahan sendiri untuk jalan itu," ucapnya.


Selain itu juga, suami dari Hj Reni Indayani Skm ini meminta pihak Pertamina untuk memberdayakan warga setempat khususnya di wilayah Ring 1, 2, dan 3 dalam memenuhi tenaga unskill.  "Ya kalau mereka butuh tenaga unskill berdayakan lah tenaga kerja lokal. Masa cuma untuk tenaga buat kopi atau lainnya saja harus dari luar," tegasnya.


Sementara itu, Officer Comrel & CID PHR Zona 4 Erwin Hendra mengatakan, ini sosialisasi kegiatan pemboran sumur PMB-P20 di wilayah Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat dengan Pemerintah kota Prabumulih. "Adapun yang disosialisasikan disini itu terkait jadwal moving, jalan yang akan dilewati saat moving, serta fasilitas untuk masyarakat juga makanya kita berkoordinasi dengan pemerintah setempat juga. Nah, terkait permintaan pak wawako tadi soal tenaga kerja lokal itu juga nanti akan di diskusikan lagi karena itu berhubungan dengan kebutuhan rig yang akan operasional nanti, dan akan disampaikan melalui Camat dan Lurah setempat karena satu pintu," terangnya.


Sedangkan, terkait jalur yang akan dilewati pada saat moving rig nantinya direncanakan tidak akan melewati jalan raya. "Nah, jadi untuk jalan moving itu nanti melalui jalan Lingkar menuju ke jalan Pertamina sendiri setelah survei dan perbaikan oleh internal," tukasnya seraya menyebutkan lokasi pengeboran sumur PMB-P20 itu terletak di RT03 RW01 Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat.  (FAP)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar