Pesta SMANTI, Kadisdik Provinsi Puji Inovasi dan Prestasi SMAN 3 Prabumilih, Ada Cafe Di Sekolah


Prabumulih, Merdekasumsel.com - SMA Negeri 3 Kota Prabumulih menggelar pesta SMANTI, peresmian Gapura Sekolah, peresmian kantin cerdas SMANTI dan launching cafe literasi Sekolah di SMAN 3 Prabumulih, Senin (14/3/2022).


Kepala SMAN 3 Prabumulih, Freni Listiyan dalam dibincangi usai acara mengatakan, sebenarnya cita-cita untuk membangun kantin cerdas dan cafe literasi ini berawal dari adanya program Bapak Gubernur dan program Duta Literasi Sumsel saat ini Ibu Hj Perca Leanpuri yang menggalakkan pojok literasi. 


"Jadi kami mengkolaborasikan pojok literasi itu berada di kantin dan bukan hanya berada di tempat tertentu," ungkap kepala sekolah berprestasi itu kepada wartawan.


Freni mengaku, kantin adalah tempat yang disukai anak usia SMA untuk ngobrol sambil makan dan bersantai. Diharap dengan adanya kantin literasi itu membuat pelajar makan sambil membaca.


"Nah sekarang kantin bukan hanya tempat makan dan ngobrol saja, melainkan juga ada cafe literasi yang buka sama seperti kantin," sambungnya.



Disinggung bagaimana minat baca pelajar SMAN 3, Freni menegaskan minat baca di SMAN 3 selain memang membudayakan setiap hari dan jadwal tertentu, pihaknya juga membudayakan kepada anak untuk membedah buku. 


"Jadi setiap anak punya target melaporkan kepada pembinanya hasil dari bedah bukunya," bebernya seraya mengatakan dalam festival lomba literasi SMA Negeri 3 meraih juara pertama tingkat Sumsel.


Kepala Disdik Sumsel, Riza Fahlevi yang hadir dalam kegiatan itu mengaku bangga dengan SMAN 3 yang dinahkodai Freni Listiyan. 


"Keluarga besar SMAN 3 Prabumulih sudah menjalankan apa yang sudah dilakukan pembinaan. Ini istilahnya bangkit. Dulu memang sudah baik dan sekarang lebih baik lagi," ujarnya.


Terlebih lagi, ada alumni SMAN 3 Prabumulih yang menyumbangkan dana nya untuk membuat gapura mewah berbentuk tanjak. 


"Ini sangat bagus dan patut diapresiasi. Karena pendidikan adalah investasi yang sangat penting dan hasilnya akan dilihat 15 tahun yang akan datang," sebutnya.


Hal yang sama diungkap Wakil Wali Kota Prabumulih, H Andriansyah Fikri yang turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan SMAN 3 Prabumulih. 


"Apalagi tadi ada pak Rendi, alumni SMAN 3 Prabumulih yang sekarang menjabat General Manager Wika dan membantu pembangunan Gapura. Semoga nanti ada Rendi-Rendi yang lain dan Pak Rendi bisa membantu pembangunan sekolah lainnya karena merupakan putra asal Prabumulih," tukasnya. (FAP)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar