Cokro-Hamka Bakal Bertarung di Pilkades Kuripan 2

 


TIGA DIHAJI, Merdekasumsel.com – Cokro Pranolo dan Hamka, dipastikan bakal bertarung pada suksesi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten OKU Selatan pada 4 Mei 2023 mendatang. Keduanya akan memperebutkan tahta jabatan Kepala Desa Kuripan 2, Kecamatan Tiga Dihaji priode 2023-2029.


Cokro Pranolo menyampaikan berkas pendaftaran pada hari pertama pembukaan 15 Februari. Selanjutnya di hari kedua disusul Hamka. Berkas keduanya diterima langsung oleh panitia Pilkades yang diketuai Syukrin, di Sekretariat Pilkades Kuripan 2.


Ketua Panitia Pilkades, Syukrin mengatakan hingga batas waktu penutupan pendaftaran bakal calon pada 24 Februari lalu, hanya dua balon kades yang telah menyampaikan pendaftaran kepada panitia pemilihan kepala desa. 


“Hingga hari terakhir penutupan pendaftaran hanya dua kandidat yang telah menyampaikan berkas pendaftaran.,” katanya.


Dengan ditutupnya pendaftaran ini, menurutnya, panitia tidak perlu memperpanjang tahapan pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa, karena sudah sesuai dengan ketentuan yang mengatur Pilkades dalam hal pendaftar paling sedikit 2 orang, maka tahapan pendaftaran tidak perlu diperpanjang.



Lebih lanjut Syukrin menjelaskan, panitia juga telah mekakukan penelitian kelengkapan administrasi kedua balon kades. ‘’Karenanya kita telah menetapkan Cokro Pranolo dan Hamka sebagai Calon Kepala Desa Kuripan 2,’’ tegasnya.


Setelah penetapan calon, tahapan selanjutnya pengundian nomor urut calon pada 6 Maret 2023. “Hasil pengundian nomor urut tersebut akan diumumkan pada 10-12 Maret 2023,” jelasnya seraya menambahkan bahwa untuk masa kampanye calon akan dilaksanakan pada 24-26 Maret.


Masih menurut Syukrin, untuk data pemilih saat ini telah terdata dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 764 pemilih. 


Setelah dilakukan pencatatan pemilih tambahan, maka pihaknya akan menetapkan DPT yang nantinya akan melakukan pencoblosan pada hari pelaksanaan Pilkades. 


“Jadi jumlah DPS bisa saja bertambah dan bisa juga berkurang, baru setelah itu kita tetapkan menjadi DPT,” tambahnya.


Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih agar dapat hadir pada acara Pemungutan Suara Kepala Desa Kuripan 2 pada 4 Mei 2023 mendatang.


Sejumlah tokoh masyarakat yang sempat dibincangi berharap agar siapapun yang akan terpilih menjadi Kepala Desa Kuripan 2 mendatang hendaknya dapat membangun desa agar dapat lebih maju. Terutama bidang keagamaan hendaknya menjadi perhatian serius. (FAP)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar