Walikota Prabumulih Tinjau dan Uji Coba Langsung Jalan Tol Indra-Prabu

 


Prabumulih, Merdekasumsel.com -- Untuk mengetahui kondisi jalan tol Indralaya - Prabumulih, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM melakukan peninjauan tol, Selasa (4/4/2023).


Pantauan di lapangan, Walikota Prabumulih dan rombongan meninjau kondisi tol Indralaya - Prabumulih mulai dari arah masuk dari Jalan Raya Prabumulih - Baturaja, lalu ke gerbang tol Prabumulih dan ke 5 titik jalan yang masih dalam kondisi tanah.


Selain melihat langsung dan berbincang dengan para pekerja, orang nomor satu di kota Prabumulih itu meninjau pelaksanaan pembangunan tol di Prabumulih memastikan apakah bisa dilalui untuk arus mudik.


"Jadi gini, kemarin kami dapat informasi jika tanggal 15 nanti tol akan dibuka untuk arus lebaran, saya kan ingin mengecek langsung. Kenapa, karena banyak rekan-rekan warga Prabumulih dan warga yang biasa lewat Prabumulih bertanya kepada kita, pak wali apa benar tol bisa di lewati, maka itu kita cek langsung," ungkap Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM ketika diwawancarai usai meninjau tol, Selasa (4/4/2023).


Ridho mengatakan, dari hasil pengecekan di lapangan hanya ada sekitar 5 titik lagi yang belum selesai namun dirinya optimis sebelum tanggal 15 April titik tersebut selesai dan bisa dilewati.


"Karena kita lihat juga lima titik itu beda-beda yang mengerjakan sehingga insyaallah kita optimis segera selesai, namun hanya bisa digunakan satu jalur dulu. Memang belum mulus namun ini mengejar lebaran," jelasnya.


Ridho juga mengaku banyak juga yang bertanya tol Indralaya - Prabumulih itu keluar dimana?


Dengan melihat langsung dirinya bisa memastikan dan menghimbau pengendara agar nantinya memanfaatkan jalur mudik melewati tol.


"Jadi kita bisa jelaskan ini, kalau masuk tol Indralaya bisa cari tulisan tol Prabumulih maka akan langsung ke gerbang tol Prabumulih. Keluar pintu tol Prabumulih kalau ke kiri bisa langsung ke OKU dan OKU Selatan, kalau ke Prabumulih atau ke arah Muaraenim bisa ke kanan," bebernya.


"Begitu juga untuk pengendara yang hendak melalui tol ke Indralaya, Ridho menjelaskan dari arah OKU bisa langsung ke kanan masuk pintu tol di Desa Karangan dan kalau dari arah Muaraenim, Pali serta lainnya bisa melewati jalan lingkar atau jalan Sudirman lalu mengarah ke Baturaja sekitar 6 KM masuk pintu tol," bebernya seraya mengatakan sudah ada rest area di tol namun hanya WC dan tempat istirahat.


Untuk memandu para pemudik nantinya, Ridho mengaku pihaknya akan mendirikan posko di depan pintu masuk menuju gerbang tol di Desa Karangan Kecamatan RKT sehingga pemudik tidak tersesat.


"Bagi pemudik kami imbau hati-hati karena tol ini jangan samakan dengan tol yang di Jawa karena masih tahap penyelesaian jelang lebaran dibuka agar warga nyaman mudik, jadi harus hati-hati. Nanti kita akan dirikan pos di depan pintu masuk," katanya.


Lebih lanjut Ridho mengaku, melalui jalan tol Indralaya - Prabumulih itu telah disampaikan pihak HKI jika tidak dikenakan biaya alias gratis.


"Masuk ini tidak dikenakan biaya tapi gratis, kita juga tanyakan kenapa malam tidak dibuka kata mereka masih kendala penerangan dan kondisi jalan yang belum maksimal,"tukasnya.(*/FAP) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar